Komparasi Honda HR-V VS Mazda CX-3 1.5, Kini Makin Sengit

Komparasi Honda HR-V VS Mazda CX-3 1.5, Kini Makin Sengit


Sama-sama memiliki mesin 1.500 cc dan harga yang hanya berselisih tipis, membuat persaingan Mazda CX-3 dan Honda HR-V makin sengit.

Ini karena Honda HR-V 1.5 E SE (tipe 1.5 tertinggi) yang mendapat fasilitas relaksasi pajak turun harga dari Rp 355,5 juta menjadi Rp 337,1 juta saja. Di sisi lain, CX-3 1.5 Sport yang dirilis pekan ini dijual Rp 339,9 juta.

Lalu bagaimana komparasi keduanya? Yuk, kita bahas perbandingan mulai dari mesin, fitur hingga desain dan dimensinya.

Mesin

Sebagai sumber penggerak, CX-3 dibekali mesin 1.496 cc 4-silinder DOHC dengan tenaga 111 PS dan torsi 144 Nm. Transmisinya otomatik 6-percepatan.
Sementara HR-V terbilang lebih bertenaga. Dengan mesin 1.497 cc 4-silinder SOHC yang common dengan Jazz, tenaganya 120 PS dengan torsi 145 Nm yang dibekali transmisi CVT.

Fitur

Beralih ke fitur, keduanya punya andalan masing-masing. Seperti CX-3 yang punya head up display. Serta sederet fitur penunjang keselamatan sperti 6 airbag, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, i-Stop dan G-Vectoring control.

Sedangkan HR-V dilengkapi dengan pengontrol AC model tombol, bukan putar seperti CX-3. Di luar itu, fitur yang sama pada kedua SUV itu cukup banyak, seperti electric parking brake dengan rem carkam di seluruh roda, VSC, HSA, cruise control, headlamp LED dan auto leveling.

Meski demikian, HR-V punya lapisan jok lebih mewah dengan tipe full kulit. Sedangkan CX-3 masih mengandalkan kombinasi bahan kain dan kulit sintetik halus.

Desain dan Dimensi

Secara desain, CX-3 mengusung pakem Kodo khas Mazda. Cirinya ada di grille depan besar dengan headlamp bersudut tajam yang dibekali proyektor dan LED. Meski kini punya mesin baru, tapi secara tampang tak jauh beda dari saat perkenalan di GIIAS 2016 silam.

Sedangkan Honda HR-V punya tampilan yang lebih segar dengan bentuk grille dan bumper baru. Tapi secara keseluruhan, masih mirip dengan versi yang hadir di Indonesia sejak 2015 lalu.

Soal dimensi, keduanya juga tak jauh beda meski HR-V memang sedikit lebih besar. Pasalnya panjang total CX-3 mencapai 4.275 mm dan wheelbase 2.570 mm. Sedangkan tingginya 1.535 mm dan lebar 1.765 mm.

Di HR-V, ukuran panjangnya 4.294 mm dan wheelbase 2.610 mm. Lalu tinggi 1.580 mm dan lebarnya 1.772 mm.

Kesimpulan

Dengan harga sementara yang lebih murah, Honda HR-V 1.5 SE mungkin bisa dilirik bagi Anda yang ingin kemudahan aftersales dan service karena banyaknya bengkel resmi Honda.

Selain itu, ukuran yang lebih besar sedikit banyak akan berpengaruh pada luas ruang kabin. Bahkan jika harga tipe SE ini masih terbilang tinggi, maka bisa lirik varian lain di bawahnya. Seperti 1.5 S manual seharga Rp 287 juta, atau 1.5 E CVT yang hanya Rp 319,9 juta (relaksasi Maret-Mei 2021).

Sebaliknya, jika ingin mobil yang ingin tampil beda dan jarang memiliki 'kembaran di jalan, CX-3 tentu patut dilirik. Apalagi SUV ini juga dibekali dimensi kompak untuk kemudahan berkendara. Serta fitur yang melimpah.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com