Komparasi Spesifikasi Honda HR-V 1.5 VS Kia Sonet. Mana Yang Lebih Menarik Untuk Dimiliki?

Komparasi Spesifikasi Honda HR-V 1.5 VS Kia Sonet. Mana Yang Lebih Menarik Untuk Dimiliki?

Kia kini kembali diperhitungkan di Indonesia setelah diakusisi oleh pihak Indomobil. Tidak hanya diambil produsen besar, namun produk yang disediakan juga kini cukup beragam.

Tercatat setelah dipegang PT Kreta Indo Artha, ada beberapa model yang sudah diperkenalkan seperti halnya Seltos dan kini SUV berukuran lebih kecil yaitu Sonet.

Sonet cukup digemari di India karena memiliki dimensi yang compact, serta memiliki banyak fitur. Lantas, untuk di Indonesia mobil ini perlu bersaing dengan nama-nama besar semisal Honda HR-V.

Nah, untuk mencari tahu perbandingan keduanya. Kali ini OtoDriver mencoba membedakan Honda HR-V 1.500 cc dengan Kia Sonet.

Dimensi

Secara dimensi, mobil yang diekspor langsung dari India ini memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.642 mm dan wheelbase mencapai 2.500 mm.

Sedangkan Honda HR-V memiliki panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm dan wheelbase 2.610 mm.

Artinya dari segi dimensi, HR-V masih tetap lebih besar ketimbang Sonet. Karena punya dimensi lebih panjang 299 mm, dan wheelbase lebih besar 110 mm. Namun di sisi lain, Sonet justru lebih lebar 18 mm dan lebih tinggi 62 mm.

Mesin

Kemudian untuk spesifikasi mesin, Kia Sonet di tanah air tampil dengan mesin Smartsteam G1.5 Mpi merupakan mesin 4 silinder naturally aspirated bertenaga 115 ps /6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm yang disandingkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear.

Sementara dari kubu Honda, menyajikan pilihan mesin 1.500 cc dengan muntahan daya 120 ps/6.600 rpm dan torsi 145 Nm/4.600 rpm, sedangkan pilihan transmisi 6 speed manual dan CVT.

Berarti performa mesin lebih besar Honda dengan tenaga lebih besar 5 ps dan torsi 1 Nm lebih besar.

Fitur

Soal fitur, inilah yang bikin Sonet terlihat mentereng. Pasalnya meski dijual cukup terjangkau, namun tersedia banyak fitur seperti hadirnya 6 airbag, VSC yang mencakup ABD, EBD, Hill Assist Control dan rear camera dengan dynamic guide. Kemudian ada Ventilated Seats, Bose Audio System, Smart Key with remote starter, 8” multimedia touchscreen with wireless Car Play and Android Auto, Mood Lamp connected to music, Wireless Charging with cooling function, Sunroof with tilt and slide, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) hingga Cruise Control.

Dalam hal fitur keselamatan, memang Honda masih baik meskipun tidak selengkap fitur hiburan Sonet. Di Honda versi 1.500 cc juga sudah dilengkapi ABS+EBD+BA, Electric Parking Brake (EPB), dan Automatic Vehicle Holding (AVH) atau yang disebut di Honda sebegai Hill Start Assist (HSA).

Harga

Berbicara harga, Kia agaknya bisa percaya diri. Sebab banderol mereka di tanah air antara Rp 193 juta hingga Rp 289 juta. Sedangkan Honda HR-V 1.500 cc dijual Rp 295 juta sampai Rp 331 juta (on the road).

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com