Pilih Mazda CX-9 atau Mercedes-Benz GLC? Ini Perbandingan Spek-nya

Pilih Mazda CX-9 atau Mercedes-Benz GLC? Ini Perbandingan Spek-nya

Sejak pemasaran Mazda Indonesia diambil alih oleh PT Eurokars Motor Indonesia, model-model yang dihadirkan di tanah air kini terlihat lebih premium dan lengkap.

Belum lama diambil alih penjualannya, varian Estate untuk Mazda 6 diperkenalkan, kemudian MX-5 model terbaru juga akhirnya dipasarkan di sini. Tidak hanya dua mobil eksotis tersebut, SUV paling mewah milik mereka yaitu CX-9 juga kian memperkuat line up dagang Mazda.

Dengan positioning yang tinggi di antara brand Jepang lainnya, Mazda kini pantas disejajarkan dengan brand asal Jerman untuk urusan model dan fitur. Dengan harga yang relatif bersaing, CX-9 bahkan bisa dikomparasi dengan Mercedes-Benz GLC.

Berikut spesifikasi keduanya.

 

Mesin

Untuk mesin, CX-9 dipersenjatai SKYACTIV-G 2.5 Turbo In-line 4 cylinder DOHC 16 valve, Turbocharged berkapasitas 2.488 cc yang punya tenaga 231 pada rpm 5.000 dan torsi puncak 420 Nm pada 2.000 rpm.

Sementara Mercedes-Benz GLC mengandalkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.991 cc bertenaga maksimal 184 ps/5.500 rpm dan torsi sebesar 300 Nm pada 1.200-4.000 rpm.

Dimensi

Memang keduanya bukan lawan sepadan jika melihat dimensi yang dihadirkan. Karena memang CX-9 punya kapasitas untuk mengangkut penumpang lebih besar, yaitu 7 orang, sedangkan Mercedes-Benz GLC hanya berkapasitas 5 penumpang.

CX-9 sendiri hadir dengan panjang 5.075 mm, lebar 1.969 mm, tinggi 1.747 mm. Dengan begitu, dimensinya jauh lebih besar ketimbang GLC yang memiliki panjang 4.656 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.644 mm. 

Dari sini tentu peruntukan dan kemampuan masing-masing berbeda. Jika Anda lebih sering mengangkut penumpang lebih dari 5 orang tentu CX-9 adalah pilihan terbaik. Namun GLC akan memberikan kemampuan manuver dan handling lebih baik karena dimensinya lebih bantet. 

 

Fitur

Keduanya memiliki fitur keamanan terdepan seperti ABS, EBD, Airbags, Traction Control dan Hill Start Assist. Namun, GLC punya keunggulan karena adanya fitur Active Parking Assist with PARKTRONIC yang dimilikinya.

Soal fitur hiburan, konektivitas seperti Apple Carplay, Android Auto juga sudah hadir pada kedua SUV tersebut.

Harga

Jika Anda tertarik memboyong Mercedes-Benz GLC, maka Anda harus menyiapkan mahar sebesar Rp 905 juta, sedangkan jika lebih tertarik dengan Mazda CX-9 harga jualnya mencapai Rp 831-835,3 juta (tergantung warna yang Anda pilih).

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com