FIRST DRIVE: Subaru WRX Sedan 2023 Transmisi Manual

FIRST DRIVE: Subaru WRX Sedan 2023 Transmisi Manual

Subaru WRX resmi melenggang di Indonesia beberapa waktu lalu yang hadir dalam versi sedan dan wagon, mobil ini dibanderol dengan harga Rp849,5 juta untuk transmisi manual dan tipe atasnya yang sudah mendapatkan sentuhan Subaru Technical International (STI) dibanderol Rp949,5 juta.

Kental dengan DNA reli, kali ini tim OtoDriver berkesempatan coba mobil ini dalam jangka waktu yang tak terlalu lama untuk merasakan keseruan mobil ini ketika dibawa jalan di Indonesia. Lantas bagaimana rasa berkendaranya? 

Rasa berkendara 

Impresi pertama kami dengan mobil ini sangat luar biasa, visibilitas sangat baik dan setir yang sudah teleskopik, selain itu bicara tenaganya sangat baik ketika torsi maksimal dan menjadi ciri khas DNA WRC, serta untuk merasakan tenaganya tidak harus melulu putaran tinggi, karena pada putaran rendah pun tenaganya sudah ada. 

Dari segi suspensi WRX Sedan 2023 ini tidak bisa dibilang empuk tapi tidak terlalu keras, jika dibandingkan suspensinya tak jauh berbeda dengan GR Yaris yang memang dibutuhkan untuk sebuah mobil sporty yang mengedepankan handling. Sementara itu perpindahan gigi juga tergolong mudah terasa cukup mekanikal dengan jarak perpindahan pendek dan menyenangkan.

Menariknya mobil ini tidak ada limbung dan sangat stabil ketika diajak berbelok dan rasa koplingnya sangat menggigit, serta hentakan yang dihadirkan dapat memacu adrenalin dan gripnya juga luar biasa. Hadir dengan raungan mesin yang halus membuat WRX Sedan ini sangat menyenangkan ketika digunakan untuk RPM berapa pun, apalagi kopling tidak terlalu berat dan bisa menyesuaikan dengan mesin. Terakhir kabin memiliki kekedapan suara yang sangat baik.

Mesin WRX Sedan 2023

WRX Sedan terbaru ini hadir dengan model boxer berkubikasi 4 silinder DOHC dengan turbocharger. Dengan kapasitasnya 2,4 liter mampu menciptakan tenaga sebesar 275 PS di putaran 5.600 RPM dan torsi 350 Nm untuk 2.000-5.200 RPM. Di mana keseluruhan tenaga disalurkan ke empat roda.

Hadir dengan beberapa tipe, Subaru mengklaim mobil ini  sebagai Symmetrical AWD (all wheel drive). Sementara sistem transmisinya terbagi dua, manual 6-speed dan Sport Lineartronic (otomatis).

Desain WRX Sedan

Untuk tampilanya tak diragukan lagi sebab gen baru ini terlihat lebih agresif baik dari berbagai sisi, mulai dari depan, samping hingga belakang. Terutama untuk bagian bumper depan cukup agresif dan gagah berkat kehadiran engine hood scoop sebagai penyalur udara. 

Karakter tangguh juga dihadirkan dengan cladding hitam yang menjalar dari bagian depan ke belakang,  lebih sempurna dengan kehadiran pelek 18 inci. Sementara itu pada bagian kabin mobil ini sangat suportif dengan kehadiran layar infotainment yang cukup besar meski instrumen masih analog dan rem parkir belum elektrik tetapi masih sangat nyaman, apalagi posisi berkendara yang ergonomis berkat kehadiran setir yang sudah teleskopik.

Nuansa sporty juga kental pada bagian interior dimana kelir serba hitam hadir di berbagai area untuk versi manual masih menggunakan material fabric untuk jok dengan aksen warna merah yang membuatnya sangat sporty.

Fitur

Dari fitur yang disematkan juga menarik, mobil ber DNA reli ini dilengkapi dengan Steering Responsive Headlights, Vehicle Dynamic Control System, Active Torque Vectoring, 6 kantung udara dan Driver Monitoring System untuk seluruh varian. Tak hanya itu saja, untuk varian tS dan GT-S diperkuat Auto Vehicle Hold, High Beam Assist, Automatic Anti-dazzle Rear View Mirror, Reverse Automatic Braking dan Subaru Rear Vehicle Detection.

Mobil ini juga dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control, Lane Departure Prevention, Lane Centring Control and Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Pre-Collision Throttle Management , Pre-Collision Braking System, Autonomous Emergency Steering, Lead Vehicle Start Alert dan Manual Speed Limiter.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com