FIRST DRIVE: Mahindra Scorpio Double Cabin

FIRST DRIVE: Mahindra Scorpio Double Cabin

Dunia otomotif Indonesia seakan mendapatkan kejutan. Sebuah merek asal India, Mahindra mendarat di tanah air. Kehadirannya menambah deretan merek asal India, dalam hal ini di ranah otomotif roda empat ia menemani Tata yang lebih dahulu eksis.

Mahindra yang terhitung cukup legendaris di India tersebut baru memperkenalkan satu produknya, yakni Scorpio yang merupakan model pick up sedang. Produk ini hadir dengan dua varian, yakni single cabin dan double cabin dan semuanya berpenggerak empat roda.

 

Kami akan membahas desainnya terlebih dahulu. Secara garis besar, desain eksterionya bisa dikatakan tegas dan cenderung ke arah kaku. Tak hanya itu, mobil ini memiliki atap yang jangkung. Sang pabrikan memang menyasarkan mobil ini pada segmen mobil komersial, sehingga desain eksteriornya kurang berkarakter dan kurang up to date yang seolah-olah desain tidak menjadi prioritas utama.

Namun tak masalah, salah satu model Toyota, Land Cruiser 70 Series juga masih mempertahankan bahasa desain yang digunakan sejak 1980-an karena mobil ini menyasar segmen komersial, seperti pertambangan dan perkebunan.

Kami pun masuk ke ruang kabinnya. Desainnya juga menurut kami biasa saja. Bahkan belum apa-apa kami menemukan kelemahan, yakni materialnya. Finishing yang kurang baik pada bagian door trimnya, seperti bahan plastik yang tidak dihaluskan.

Namun sisi baiknya, pick up ini hadir dengan fitur yang cukup berlimpah. Seperti headunit dengan fungsi konektivitas Bluetooth, USB, dan Aux serta fitur keselamatannya mencakup ESP, Hill Descent Control, Tyre Pressure Monitoring System, Cruise Control, ABS, EBD, serta airbag dua titik.

Posisi duduknya juga biasa saja. Lingkar kemudinya hanya bisa diatur secara tilt belum teleskopik dan bahan joknya terbilang tipis.

 

Kami pun menjajal mobil ini di dalam lintasan offroad park yang cukup terbatas dan berhasil mendapatkan kelebihan dari Scorpio. Saat melalui medan berbatu, bantingan suspensinya tergolong sangat baik. Umumnya pick up memiliki karakter suspensi yang keras, namun produk India ini karakter suspensinya empuk layaknya sebuah SUV.

Begitu pula dengan mesinnya. Mahindra Scorpio ditenagai oleh dapur pacu berkapasitas 2.200 cc diesel 4 silinder dengan tenaga mencapai 140 dk serta torsi 320 Nm berpenggerak empat roda berpadu dengan transmisi manual 6 percepatan. Figur tenaga yang tidak terlampau besar ini nyatanya sangat kapabel ketika melahap medan ekstrim. Bahkan karakter torsinya terasa cukup kuat ketika menghadapi tanjakan curam.

 

Kesimpulan

Mahindra menyebutkan Scorpio ini menyasar segmen komersial. Dengan begitu, mungkin desain eksterior serta materian interior tidak menjadi prioritas utamanya. Namun perlu diingat, pick up yang baru saja hadir di tanah air ini hadir dengan fitur yang cukup berlimpah, karakter suspensi yang empuk, serta tenaga mesin yang memadahi dan yang terpenting, Scorpio merupakan pick up berpenggerak roda empat paling murah saat ini.

 

Kelebihan

  1. Harga sangat kompetitif
  2. Karakter suspensi empuk
  3. Tenaga mesin mumpuni

 

Kekurangan

  1. Desain ekterior kurang berkarakter serta kurang up to date
  2. Material interior kurang baik
  3. Bahan jok tipis

Spesifikasi

Mahindra Scorpio 

Harga: Rp 278 juta (single cabin), Rp 318 juta (double cabin)

Kapasitas mesin: diesel 2.200 cc 4 silinder turbo

Tenaga maksimum: 140 dk

Torsi maksimum: 320 Nm

Penggerak: empat roda

Foto Tambahan

 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com