Sempat Hengkang Dari Indonesia, Kenapa Smart Comeback Ke Tanah Air?

Pada ajang GIIAS 2024 lalu, ada satu merek yang bisa dibilang kembali di Indonesia, yakni Smart
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 5 Agustus 2024 10:00 WIB
Berita - Sempat Hengkang Dari Indonesia, Kenapa Smart Comeback Ke Tanah Air?
Bagikan ke:

OTODRIVER – Pada ajang GIIAS 2024 lalu, ada satu merek yang bisa dibilang kembali di Indonesia, yakni Smart. Smart sendiri merupakan anak perusahaan Mercedes-Benz yang saat ini untuk pasar tanah air dinaungi oleh Inchcape Group bersama dengan Mercedes-Benz dan juga GWM.

Smart sendiri dulu pernah hadir di Indonesia pada tahun 2010 hingga 2014. Namun memang produsen spesialis mobil kecil ini tidak terlalu populer.

Foto - Sempat Hengkang Dari Indonesia, Kenapa Smart Comeback Ke Tanah Air?
Smart #3 Brabus

Lantas, mengapa Smart berani untuk kembali hadir di Indonesia? Mandy Zhang selaku Global CMO Smart Automobile menjelaskan bahwa Indonesia saat ini bergerak ke arah kendaraan elektrifikasi dan Smart kini bisa dikatakan spesialis di hal tersebut.

"Dari perspektif merek kami secara global, kita ingin pergi kemana ada segmen konsumen yang menginginkan produk kami. Kami melihat Indonesia, khususnya Jakarta ada di antara kota-Kota yang harus kita tuju. Ini dari sudut pandang merek," ujarnya saat penyelenggaraan GIIAS 2024 di Tangerang, Banten beberapa waktu lalu.

Saat ini, Smart memboyong satu model saja di Indonesia, yakni #3. Dan menurutnya, produk yang dibawa ini sangat cocok untuk pasar Indonesia.

"Di pasar Indonesia kali ini, kami tawarkan #3 karena  mobil listrik ini ramah lingkungan dan menyenangkan untuk dikendarai. Bisa jadi solusi mobilitas urban. Jadi kita harus di sini buat pasar Indonesia," tambahnya.

"Kami melihat (pasar Indonesia) memiliki potensi besar. Kita datang karena penilaian lokal dari Inchape yang ada di sini. Kita studi juga tentunya, kita memahami pasar kendaraan listrik masih akan booming di sini,"tutup mandy.

Saat ini, Smart belum merilis harga jual dari produknya di Indonesia. Namun nantinya, #3 akan memiliki dua varian, yakni varian Premium dan juga Brabus.

Smart #3 Premium dibekali dengan motor listrik bertenaga 272 hp dan torsi 343 Nm dengan kapasitas baterai 66 kWh dengan klaim jarak tempuh mencapai 455 km. Sedangkan #3 Brabus dipersenjatai dengan motor listrik bertenaga 422 hp dan torsi 543 Nm dengan kapasitas baterai yang sama dengan varian Premium. (AW).

#smart #3

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.