Mobil Paling Senior Di Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo

Puluhan mobil Daihatsu tumpah ruah di ajang Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo yang digelar pada Minggu 13 Oktober 2024.
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 14 Oktober 2024 08:00 WIB
Berita - Mobil Paling Senior Di Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo
Bagikan ke:

OTODRIVER – Puluhan mobil Daihatsu tumpah ruah di ajang Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo yang digelar pada Minggu 13 Oktober 2024. Dan salah satu mobil yang menarik perhatian pengunjung adalah mobil produksi tertua yang ada di sana, yakni Charade generasi pertama dengan kode bodi G10.

Daihatsu Charade ini merupakan keluaran tahun 1978. Dan menariknya, sang owner tetap mempertahankan sisi orisinalitasnya dengan modifikasi yang cukup minim. Mobil milik Abdul Manan ini dijuluki sebagai Charade Matbul yang merupakan singkatan dari Mata Bulat.

Foto - Mobil Paling Senior Di Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo
Daihatsu Charade G10

“Ini mobil sudah terbukti mampu mampu bertahan dan masih bisa jalan dengan baik hingga saat ini, Sebuah bukti bahwa Charade adalah mobil yang cukup tangguh,” terang Abdul saat ditemui di sela kemeriahan acara Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo.

“Mobil seperti ini semakin langka dari waktu ke waktu, Beberapa partnya terlebih bodi part semakin sulit didapatkan dan itulah yang menjadi tantangan tersendiri yang mengasyikan (untuk berburu sparepart) untuk memelihara mobil seperti ini,” lanjutnya.

Sedikit Sejarah mengenai Daihatsu Charade generasi pertama, mobil ini memiliki desain eksterior dan dimensi yang sangat pipih seperti kebanyakan mobil yang dipasarkan pada masa itu. Tampilan khas yang paling diingat dari mobil ini adalah dua lampu bulat di bagian depan.

Mobil ini dirilis dengan dua varian jumlah pintu, tapi hanya satu yang masuk ke Indonesia.

Daihatsu Charade G10 yang dipasarkan di Indonesia memiliki empat pintu penumpang (dua di kanan dan dua lainnya di sebelah kiri). Lalu, satu pintu bagasi di bagian belakang. Berbeda dengan versi yang dipasarkan di negara Asia lain yang hanya memiliki dua pintu penumpang dan satu pintu bagasi.

Mobil ini menggunakan mesin 993 cc dengan konfigurasi 3 silinder yang berkode CB-10. Daihatsu Charade generasi pertama memiliki tenaga mencapai 55 Ps padadan torsi 77 Nm. 

Ada tiga generasi model Daihatsu ini yang dipasarkan di Indonesia. Charade generasi kedua dengan kode bodi G20 dan juga generasi ketiga yang lebih dikenal dengan nama Classy. Dan pada generasi ketiga, pertama kalinya Charade hadir dalam versi sedan. (AW).

#daihatsu #charade #daihatsu-kumpul-sahabat-sidoarjo

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.