Waduh! Proyek Baterai Mobil Listrik Lokal Terancam Gagal

Waduh! Proyek Baterai Mobil Listrik Lokal Terancam Gagal

Dengan adanya subsdi dan produksi baterai lokal untuk kendaraan listrik di Indonesia akan membuat biaya membeli mobil listrik menjadi murah. Pemerintah sendiri memproyeksikan pembangunan ekosistem baterai mobil listrik bisa rampung pada 2024.

Adapun ekosistem baterai mobil listrik itu akan dibangun oleh LG yang mulai membangun pabriknya di Karawang, Jawa Barat. Namun, proyek itu terancam berhenti.

Hal itu disampaikan Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dalam presentasinya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan secara online, Senin (6/2).

"Kami dapat informasi dari Aneka Tambang (Antam) bahwa LG itu masih belum jelas statusnya. Namun LG mendorong anggota konsorsiumnya, Huayou untuk melanjutkan diskusi dan degosiasi," papar Hendi.

Alasan dia, mitra konsorsium perusahaan teknologi dari Korea Selatan tersebut tidak memiliki keahlian serta pengalaman untuk baterai kendaraan listrik. Portfolio Huayou, lebih banyak pada pengembangan smelter.

"Kami menilai bahwa Huayou bukan counterpart yang seimbang dengan Antam untuk melanjutkan proses negosiasi. Kami masih menginginkan bahwa adanya konsorsium yang lengkap sampai ke EV (electric vehicle) battery manufacture-nya," ucap Hendo.

Nantinya, pabrik akan memproduksi baterai listrik secara massal baik untuk kebutuhan domestik maupun ekspor.

Sebelumnya, Hyundai dan LG menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Indonesia pada 2021 untuk membangun usaha patungan memproduksi baterai mobil listrik di Karawang.

LG sendri, menginvestasikan dana sebanyak US$1,1 miliar atau setara Rp15,95 triliun (Rp14.500 per dolar AS) guna mendirikan perusahaan patungan di Karawang, yang akan memproduksi sel baterai untuk mobil listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com