Toyota Rangga Nampak Tengah Tes Di Jalanan Indonesia

Toyota Rangga Nampak Tengah Tes Di Jalanan Indonesia

OTODRIVER - Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 silam, Booth Toyota diramaikan oleh kedatangan satu mobil konsep yang mereka labeli sebagai Rangga.

Mobil ini menggusung konsep sebagai mobil serbaguna yang dapat diterjunkan dalam berbagai tugas dalam perniagaan.

Ternyata belum lama berselang, sebuah prototipe Rangga nampak tengah menjalani pengetesan jalanan di Indonesia. Foto jepretan nitizen ini muncul dalam sebuah akun Instagram dengan balutan stiker kamuflase di sekujur badannya.

“Iya betul Rangga sedang ada tes market,” tutur Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) saat dihubungi Otodriver (19/10).

Hanya saja ketika ditanyakan mengenai kapan dan bagaimana mobil ini akan berkarier di Indonesia, Anton belum bersedia menjawabnya. “Detailnya nanti ya,” ungkapnya melalui pesan singkat.

Sebelumnya pada ajang GIIAS 2023, sempat tersiar kabar bahwa peluncuran mobil ini bakal terjadi pada 2024.

Baca juga : Kenal Lebih Dekat Apa Itu Toyota Rangga Concept

Berbincang lebih mendalam tentang Rangga. Mobil ini pertama kali muncul di khalayak pada acara ulangtahun ke 60 Toyota Motor Thailand pada akhir 2022 lalu. Di situ nama IMV-0 untuk pertama kalinya dimunculkan.

Dari segi desain, mobil konsep ini sering dihubung-hubungkan dengan sosok Toyota Kijang Generasi I yang lansir di 1977. Sedangkan untuk namanya mengingatkan kita pada sosok Kijang Generasi IV alias Kijang Kapsul pada era 90-an. Saat itu nama Rangga disematkan pada sosok top varian Kijang Kapsul short wheelbase.

Namun, ternyata Toyota menampik bahwa mobil ini adalah generasi penerus dari Kijang, walau mengiyakan sebagai reinkarnasi Kijang generasi awal yang hadir sebagai kendaraan serbaguna.

Rangga Konsep di GIIAS 2023

Mengenai sasis dan mesin, sepertinya Toyota akan mengkaryakan sasis tangga dan mesin yang sudah ada. Dengan menyandang nama sebagai IMV-0 seolah menegaskan bahwa mobil ini akan kembali menggunakan konstruksi  Innovative International Multi-Purpose Vehicle.  Sedangkan untuk mesin, sepertinya tidak akan jauh-jauh berbeda dengan Toyota Kijang Innova yang menawarkan mesin bensin 1TR-FE 2.0 liter dan mesin diesel  2KD-FTV 2.5 liter.

Konsep mobil yang dikabarkan dalam bentuk modular ini rencananya juga akan ditampilkan di ajang pameran otomotif terbesar Jepang yakni Japan Mobility Show (JMS) 2024 yang akan digelar bulan ini. (SS) 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com