Toyota Century SUV,  Rival Berat Rolls Royce Cullinan?

Toyota Century SUV, Rival Berat Rolls Royce Cullinan?

Jakarta. OTODRIVER. Model SUV tengah menuju puncak popularitas. Bahkan SUV super mewah pun sudah hadir, sebut saja Rolls Royce Cullinan dan Bentley Bentayga, atau wakil dari golongan performa tinggi seperti halnya Lamborghini Urus.

Century yang tak lain merupakan puncak produksi kendaraan super mewah milik Toyota pun akhirnya ikut nyemplung pada trend tersebut. Label yang identik dengan tunggangan Kaisar Jepang ini pun mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan menghadirkan produk SUV pertama mereka pada akhir tahun ini.

Mengutip dari topspeed.com, saat peluncuran Alphard dan Vellfire minggu lalu, Simon Humphries, Chief Branding Officer Toyota, mengumumkan secara resmi tentang kehadiran Century SUV. Dalam sebuah pernyataan, Humphries membeberkan bahwa SUV super mewah ini akan menawarkan pengalaman pengemudi terbaik sekaligus mengubah masa depan mobil.

Walau demikian, secara spesifikasi The Three Ovals belum membahas hal tersebut secara lebih gamblang mengenai SUV ini. Hanya saja beberapa rendering sudah beredar. Sebagian besar menjabarkan bahwa perawakannya akan seperti Rolls Royce Cullinan namun hadir dengan ciri bahasa desain Century.

Sejalan dengan itu Topspeed juga menyodorkan spekulasi mengenai mesin. Jantung SUV paling ningrat Toyota ini dibayangkan menggunakan mesin V8 5.0 liter dengan asupan teknologi elektrifikasi. Mesin yang juga digunakan pada Century Generasi III yang sudah hadir sejak 2018 silam. Jika benar demikian maka mobil ini memiliki layout mesin longitudinal, basis penggerak roda belakang dengan opsi penggerak empat roda.

Menyambung dengan mesin dan layout, nampaknya Century SUV bisa saja menggunakan platform TNGA-F seperti yang digunakan pada Land Cruiser. Artinya akan menggunakan stuktur sasis tangga.

Sementara spekulasi lainnya adalah menggunakan platform TNGA-L yang merupakan konstruksi monokok untuk kendaraan full size mewah. Bisa saja Century akan menjadi SUV pertama dengan platform ini.

Baca juga : Toyota Century SUV Segera Meluncur Andalkan Plaform TNGA-K Alias Sebangun dengan Camry

Masih seputar spekulasi, beberapa waktu silam Nikkei pun menyodorkan kemungkinan-kemungkinan untuk Century SUV ini. Berbincang mengenai platform nama platform TNGA-K pun disebut. Saat ini TNGA-K digunakan pada mobil seperti Alphard, Vellfire dan Lexus LM untuk MPV hingga Highlander dan Kluger dari keluarga SUVnya. Platform mobil ini menggunakan layout mesin tranverse yang berbasis pada penggerak roda depan.

Nah mana nih kira-kira yang akan benar-benar dipakai kelak? Dan apakah kehadiran SUV ala Kaisar Jepang ini mampu jadi rival berat Rolls Royce Cullinan?

Kita tunggu saja tanggal mainnya.(SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com