Mitsubishi Fuso Pelopori Era Truk Listrik di Indonesia

Mitsubishi Fuso Pelopori Era Truk Listrik di Indonesia

OTODRIVER - Elektrifikasi menjadi bagan besar untuk menekan emisi karbon global. Mobil berpenggerak listrik murni jadi salah satu tujuan utamanya.

Geliat inipun juga terjadi pada kendaraan niaga, salah satunya hadir dari PT Krama Yudha Berlian Motors (KTB) selaku distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia. Mereka memastikan truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter akan hadir tahun 2024.

Hal ini dibeberkan langsung oleh Vice President of Sales and Marketing KTB Aji Jaya saat ditemui di Jakarta, (08/11).

“Sejauh ini KTB masih terus melakukan berbagai persiapan dengan status on the track, serta secara intens berkomunikasi dengan principle Fuso di Jepang untuk menyambut kehadiran eCanter,” ungkapnya. Ia mengatakan bahwa kehadiran eCanter perlu persiapan sebelum launching salah satunya after sales.

“Secara paralel kita sedang persiapkan infrastruktur suporting dari pemerintah dalam kendaraan listrik," ungkap pria yang baru saja menggantikan Duljatmono selaku Vice Presiden of Sales KTB sebelumnya. 

Aji mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya suah melakukan serangkaian uji coba Fuso eCanter berupa proof of concept (PoC) dengan tupe 1:1 dan setelah itu adalah tipe 1:2 yakni model yang tak lagi berupa konsep alias siap produksi.

Untuk itu sejumlah perusahaan ternama yang sudah ditawarkan untuk melakukan pengujian Fuso eCanter di antaranya adalah Nestle, Blog, Pos Indonesia hingga GoTo.

Sebagai kendaraaan niaga yang erat dengan urusan bisnis, melibatkan berbagai perusahaan ternama untuk uji coba tentu menjadi cara tepat untuk memastikan produk yang dibawa sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen.

Interior Mitsubishi Fuso eCanter 

Aji mengatakan pihaknya sebelumnya pernah melakukan uji coba di beberapa pelanggan besarnya bahkan hingga mencapai jarak 10 ribu kilometer.

Hanya saja saat ini konsumen masih tetap mempertanyakan bagaimana persiapan dari infrastruktur jika truk listrik ini dipasarkan.

"Yang banyak ditanyakan apa benefitnya kalau pakai mobil listrik ini. Yang tertarik ada, tetapi bukan hot prospek, baru hanya tertarik, untuk jadi hot prospek atau hingga ingin join, itu masih belum tahu," tuturnya. 

Aji tidak menampik jika kelak eCanter diluncurkan akan fokus dipasarkan di kota besar yang sudah siap infrastrukturnya seperti Jakarta.

Mengenai kebijakan subsidi dari pemerintah, diharapkan juga peran serta pemerintah salah satunya mendapatkan subsidi seperti halnya yang terjadi pada EV untuk  kendaraan penumpang, motor ataupun bus. “Truk diharapkan juga mendapatkan subsidi,” imbuhnya.  

"Kita masih menunggu agar truk bisa. Komunikasi sudah dilakukan dengan instansi terkait. Ya minimal bantuannya sama seperti kendaraan listrik lainnya," harap Aji.

Sejauh ini unit Mitsubishi Fuso eCanter masih didatangkan secara utuh atau Completely Built Up dari Jepang. Dengan masukknya eCanter ke pasar nasional Indonesia, maka ia akan jadi pelopor era truk listrik di Indonesia. (SS)  

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com