Kini Tidak Perlu Cemas Baterai Mobil Listrik Habis di Jalan

Kini Tidak Perlu Cemas Baterai Mobil Listrik Habis di Jalan

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) saat ini memang belum tersedia merata di wilayah Indonesia. Hal ini akan menjadi kendala jika pengendara yang menggunakan mobil listrik, kehabisan baterai saat perjalanan.

Namun, pemilik mobil listrik saat ini tidak perlu khawatir jika mengalami, karena PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Mobile.

"SPKLU mobile ini enggunakan sepeda motor agar lebih mudah bergerak dan siap dipanggil, untuk kemudian disambungkan ke Jaringan Tegangan Rendah (JTR) terdekat dan siap dihubungkan ke kendaraan listrik," kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan, dilansir dari Antara, Sabtu (29/10).

Inovasi ini telah diujicoba untuk mengisi baterai mobil listrik merek Ionic 5 berkapasitas baterai 58 Kw dan hasilnya dibutuhkan waktu kurang lebih 3,5 jam hingga lima jam sampai 100 persen.

"Daya yang dihasilkan sebesar 22 KiloWatt, cukup untuk mengisi kendaraan listrik sampai ke SPKLU terdekat atau kembali ke rumahnya," ujar Doddy.

Nantinya, PLN juga merencanakan prototipe SPKLU Mobile ini akan dikembangkan di 16 unit yang tersebar di seluruh wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya, semata-mata untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan pengguna kendaraan listrik.

Perlu diketahui, saat ini sudah ada 346 unit SPKLU yang tersebar di 295 lokasi di Indonesia. Dari total tersebut, untuk SPKLU yang dimiliki PLN berjumlah 150 unit atau 43 persen dari total di 117 lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com