Kerja Sama Dua Fitur AYC dan ASC di Mitsubishi New Xpander Cross

AYC dan ASC sama-sama merupakan fitur keselamatan dan juga kenyamanan saat berkendara. Perbedaanya terdapat disensornya
Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Kamis, 25 Agustus 2022 09:00 WIB
Berita - Kerja Sama Dua Fitur AYC dan ASC di Mitsubishi New Xpander Cross
Bagikan ke:

Fitur baru yang digunakan Mitsubishi New Xpander Cross 2022 adalah Active Yaw Control (AYC) yang digunakan untuk meningkatkan stabilitas dalam bermanuver. Namun sebelumnya, di dalam mobil MPV ini juga terdapat ASC (Active Stability Control). Namun, apakah berbedaan kedua fitur ini?

AYC dan ASC sama-sama merupakan fitur keselamatan dan juga kenyamanan saat berkendara. Perbedaanya terdapat disensornya, ASC membaca sensor kecepatan roda saja, jika terdapat roda yang selip fitur ini akan memberikan bantuan pengereman terhadap roda yang bermasalah. Mobil akan berusaha berada dalam sebuah kecepatan yang pelan dan terkontrol dengan baik.

Foto - Kerja Sama Dua Fitur AYC dan ASC di Mitsubishi New Xpander Cross

Gemilang

Untuk AYC akan memastikan mobil tidak akan keluar dari jalur yang ditentukan saat menikung, AYC akan memberikan pengereman disisi roda yang perlu untuk dikurangi putarannya. 

"jadi ASC dan AYC sama-sama memberikan bantuan pengereman, namun sisitem AYC akan memerintahkan pengereman di roda bagian dalam saat belok terlalu lebar dan agar menikung lebih nusuk. Kalu ASC memberikan bantuan pengereman dalam kondisi lurus atau zig zag, mencegah mobil untuk tidak terlalu kencang jika di situasi bahaya," ujar Head of Training Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Arif Dwiyanto di Pusdik Lantas Lemdiklat Polri, Serpong, Rabu (24/8).

Foto - Kerja Sama Dua Fitur AYC dan ASC di Mitsubishi New Xpander Cross

Gemilang

Lebih lanjut, jika fitur AYC terpakai maka tidak akan memutus output mesin hanya pengereman di bagian roda depan, sedangkan ASC melakukan pengereman depan dan belakang dan memutus output dari mesin. Tidak ada informasi pada kecepatan dan sudut berapa fitur AYC otomatis muncul di indikator saat mobil berbelok tajam.

Foto - Kerja Sama Dua Fitur AYC dan ASC di Mitsubishi New Xpander Cross

Gemilang

Jika terjadi sesuatu ketika berada di jalan licin, fitur AYC akan siaga karena berkaitan dengan rem. Sementara itu, ASC selalu mencegah mobil untuk tidak terlalu kencang jika di situasi bahaya. ASC dan AYC akan bekerjasama mempertahankan stabilitas kecepatan yang diinginkan di jalan licin pada tikungan.

#mitsubishi #mitsubishi-new-xpander-cross

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.