Diesel Euro 4 Haram Tenggak Biosolar

Diesel Euro 4 Haram Tenggak Biosolar

Nanti pada tanggal 12 April 2022, standar emisi baru, Euro 4 untuk mesin diesel mulai diberlakukan di Indonesia. Hal ini menyempurnakan penggunaan standar Euro 4 yang sebelumnya sudah diterapkan pada mobil berbahan bakar bensin.

Salah satu yang langsung membedakan antara standar baru ini dengan standar lama adalah asupan bahan bakar solarnya. Di mana dengan standar baru ini maka Biosolar tak lagi memenuhi persyaratan sebagai ‘minuman’ bagi mesin-mesin tersebut.

Sebagai informasi, mesin yang sudah mengantongi standar Euro 4  harus menenggak spesifikasi bahan bakar yang sesuai dengan peruntukannya yakni memiliki minimal cetane number 51 ke atas dengan kandungan sulfur 50 ppm.

Sebagai contoh produk Toyota seperti Innova diesel ataupun Fortuner Diesel dihimbau untuk menggunakan solar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Dengan menggunakan mesin berstandar Euro 4, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi BBM solar sesuai dengan rekomendasi pabrikan yakni memiliki Cetane 51 ke atas dengan kadar sulfur 50 ppm.

“Jika melihat dari angka standar yang ada, maka biosolar ataupun jenis solar diluar spesifikasi tersebut terpaksa tidak bisa digunakan,” terang Didi dikutip dari CNN.

Bila pemilik mobil dengan mesin Diesel berstandar Euro 4 masih memaksakan untuk menggunakan jenis BBM yang di luar rekomendasi, maka akan menghadapi sejumlah konsekuensi. "Penurunan performa, asap putih, desibel suara mesin bertambah dan emisi gas buang menjadi lebih jelek. Lebih jauh lagi, bisa juga menggugurkan garansi ," imbuhnya Didi.

Didi mengatakan apabila menenggak solar yang tidak sesuai spek, sederet kerusakan akan menyertai. Pertama-tama yang akan terimbas adalah catalytic converter. Komponen itu diketahui bertugas sebagai alat pengendali emisi buang yang mengubah gas dan polutan beracun menjadi lebih ramah lingkungan.

Selain itu Pertamina dalam situs resminya menyampaikan bahwa menggunakan bahan bakar kualitas rendah akan membuat filter bahan bakar bekerja lebih keras dan akan memangkas umur pakainya secara signifikan.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com