BMW Kenalkan Platform Neue Klasse. Spesial Hanya Untuk Mobil Listrik

BMW Kenalkan Platform Neue Klasse. Spesial Hanya Untuk Mobil Listrik

Era mobil listrik semakin dekat dan membawa badai perubahan yang cukup signifikan. Kendati sudah memiliki barisan mobil listrik dan baru saja meluncurkan EV iX, i4 dan Seri 3 EV, namun BMW tetap merasa perlu untuk membuat platform khusus untuk mobil listriknya.

Pabrikan Bavaria ini mengumumkan bahwa semua kendaraan listrik mereka akan menggunakan platform baru yang mereka sebut sebagai Neue Klasse atau New Class. Platform baru ini akan mengisi jalur produksi BMW pada 2025.

Seperti dilansir motorauthority.com, platform Neue Klasse ini khusus dikembangkan untuk dipadukan dengan powertrain listrik

Awalnya platform Neue Klasse juga dikembangkan untuk mobil hybrid bahkan untuk mesin konvensional, namun pabrikan berlogo baling-baling ini kemudian memutuskan bahwa Neue Klasse difokuskan khusus untuk mobil listrik.

"Ketika [platform Neue Klasse] memasuki pasar, itu akan terkonsentrasi pada segmen 3-Series dan pada saat itu pasar akan berkembang menjadi ukuran di mana masuk akal untuk hanya memiliki satu drivetrain dalam arsitektur itu," kata Oliver Zipse CEO BMW Group. "Neue Klasse akan " terutama difokuskan pada segmen mobil menengah (menengah). Itu tidak mencakup dari segmen bawah sampai ke segmen mewah." tambahnya.

“Kendaraan berbasis Neue Klasse pertama akan dibangun di pabrik yang saat ini sedang dibangun di Debrecen, Hongaria,” sambungnya.

Platform Neue Klasse akan memungkinkan BMW untuk mengembangkan variable panjang wheelbase hingga desain lebih beragam. Kerangka baru ini akan mampu mengadopsi motor listrik generasi ke enam sekaligus dengan baterai baru BMW.

Untuk mengimbangi berat baterai, BMW akan lebih banyak penggunaan material komposit pada struktur internal dan panel bodi. Hal ini termasuk juga pada penggunaan plastik yang diperkuat serat karbon di beberapa model.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com