Toyota Raize & Daihatsu Rocky, Mesin 1.000 cc Vs 1.200 cc Lebih Kuat Mana

Toyota Raize & Daihatsu Rocky, Mesin 1.000 cc Vs 1.200 cc Lebih Kuat Mana

Dengan diperkenalkannya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di khalayak Indonesia, maka terkuak pula mesin-mesin yang digunakan dua Astra tersebut.

Varian bermesin 1.000 cc Turbo hadir terlebih dulu pada model Raize maupun Rocky. Sedangkan mesin 1.200 cc baru akan hadir pada semester 2 tahun 2021 ini. Hanya saja tidak diperjelas pada kuartal berapakah jadwal kemunculannya.

Dalam siaran pers Toyota dan Daihatsu dijelaskan bahwa Raize-Rocky menggunakan unit mesin baru dengan jumlah silinder 3 non turbo. Informasi ini otomatis menggugurkan asumsi semula yang sempat merucut pada mesin 3NR-FE yang dijejalkan pada unit Calya-Sigra 1.2.

Lalu sebagai perbandingan, seberapa besar beda performa antara mesin-mesin tersebut. Dalam hal ini kami tetap memasukan hasil kinerja dari mesin 1.200 cc milik Calya-Sigra untuk memberikan gambaran yang lebih luas lagi.

Mesin 3 silinder berkode 1KR-VET bervolume 1.000 cc dengan asupan turbo mampu meramu daya sebesar 97 hp dan torsi 140 N.m.

Angka yang ditoreh ini lebih besar dibandingkan hasil peraihan dari mesin 3NR-FE yang berada di angka 85,4 Hp dan plintiran torsi 108 Nm.

Sedangkan untuk mesin 1.200 cc baru 3 silinder yang dikodekan sebagai WA-VE  mampu meracik daya di angka 86,7 hp dan torsi 112,7 Nm.

Di atas kertas mesin ‘seceng’ turbo masih memegang posisi sebagai yang terkuat baik itu tenaga maupun torsi, diikuti oleh mesin 3 silinder baru yang mampu menoreh beda tipis dengan varian mesin 4 silinder dari Calya-Sigra.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com