Penjualan Mobil Di Indonesia 2020 Paling Anjlok Di Asia Tenggara

Penjualan Mobil Di Indonesia 2020 Paling Anjlok Di Asia Tenggara

Pandemi virus Corona tentu berdampak langsung terhadap industri otomotif. Bahkan dilaporkan, penjualan mobil di Asia Tenggara tahun 2020 mengalami penurunan.

Dikutip dai Asianikkei.com (10/2), Total penjualan mmobil di negara tetangga seperti di Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Singapura merosot menjadi hanya 2,44 juta unit.

Indonesia menjadi negara yang penjualannya merosot paling tajam di Asia Tenggara. Tahun lalu, penjualan mobil di Indonesia anjlok hampir setengahnya, atau sebesar 48 persen. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan secara wholesales sepanjang 2020 tercatat hanya 532.027 unit. Padahal, tahun 2019 penjualan mobil menyentuh angka lebih dari satu juta unit.

Sementara Thailand mengalahkan Indonesia dalam hal pasar mobil terbesar di Asia Tenggara. Penurunan penjualan mobil di Thailand hanya 21 persen menjadi 790 ribu unit. Malaysia juga  mengalami penurunan penjualan mobil yang tidak terlalu drastis, hanya 12 persen menjadi 520 ribu unit.

Vietnam justru lebih stabil. Negara yang dianggap telah berhasil menahan virus itu mengalami penurunan penjualan hanya 8 persen menjadi 290 ribu unit. Dan Filipina turun di bawah Vietnam dalam penjualan tahunan. penjualan di Filipina turun 41 persen menjadi 240.000 unit.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com