Kenapa Toyota Raize Butuh Opsi Mesin 1.200cc 3 Silinder?

Kenapa Toyota Raize Butuh Opsi Mesin 1.200cc 3 Silinder?

Toyota dan Daihatsu telah merilis mobil yang diperkirakan akan menjadi volume maker bagi kedua brand tersebut. Saat ini mesin berkode 1KR-VET3 silinder 1.000 cc Turbo menjadi andalan keduanya. Namun perlu diingat, baik Toyota ataupun Daihatsu memberi bocoran bahwa pihaknya segera menyusul merilis varian 1.200 cc pada semester kedua.

Tepat kapan akan dirilis mesin baru ini ? Belum ada informasi tentang hal itu, namum melihat dari waktunya, besar dugaan opsi mesin tersebut hadir di Agustus 2021 tepatnya di ajang GIIAS 2021. Tapi ini perkiraan loh.

Kembali ke mesin baru yang akan dijejalkan pada Raize dan juga Rocky. Dikabarkan bahwa kedua mobil tersebut akan menggunakan mesin 1.200 cc baru yang juga punya susunan 3 silinder dengan kode WA-VE.

Dimas Aska, Head of Media Relation PT TAM menjabarkan bahwa konsumen Toyota  akan punya pilihan mesin lebih banyak, selain pilihan trim yang ada. Dimas mengatakan bahwa secara volume produksi, mesin naturaly aspirated memang tidak akan lebih besar penggunaannya dibanding mesin 1.000 Turbo.

“Mesin 1.200 cc non turbo ini akan jadi pilihan bagi mereka yang sering melakukan perjalanan luar kota, lantaran secara alamiah mesin non turbo akan punya nafas yang lebih panjang dibanding mesin turbo,” imbuhnya. “Selain itu mesin non turbo akan lebih efisien dalam hal pemeliharaan,” tukasnya.

Sebagai perbandingan mesin 1KR-VET berkapasitas 996 cc punya daya 98 PS/6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm/2400-4.000 rpm.

Sedangkan untuk mesin 1.200 cc baru 3 silinder yang dikodekan sebagai WA-VE  mampu meracik daya di angka 86,7 hp dan torsi 112,7 Nm.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com