DFSK Seres SF 5 Serupa Nissan Kicks e-Power, Namun Dengan Baterai Dan Motor Listrik Lebih Kuat

DFSK Seres SF 5 Serupa Nissan Kicks e-Power, Namun Dengan Baterai Dan Motor Listrik Lebih Kuat

Salah satu yang menarik dari keikutsertaan DFSK di GIIAS Surabaya 2021 adalah kehadiran sebuah mobil dengan teknologi elektrifikasi yang dilabeli Seres SF 5.

Mobil ini sangat menarik lantaran punya performa bak mobil sport dan mampu berakselerasi dalam waktu 4,7 detik dan lebih ‘wow’ lagi mobil ini mampu berjalan sejauh 1.000 km.

Dalam siaran resminya DFSK membeberkan bahwa mobil ini merupakan mobil berpenggerak AWD, di mana mobil ini menggandalkan kinerja dua motor listrik performa tinggi yakni SEP200AC dengan daya 255 kW di bagian depan dan HW150 dengan power 150 kW di bagian belakang.

Kedua motor listrik performa tinggi ini didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWh. Sosok SF 5 ini pun mampu mengisi baterainya dari 20% hingga 80% kurang dari 1 jam. Dikutip dari www.drive.com.au, mobil ini mampu mengelinding 180 km dengan daya full elektrik.   

Sementara untuk kapasitas baterainya lebih kecil dari Hyundai Kona EV yang mengandalkan baterai berkapasitas 39,2 kWh. Sebagai informasi jarak tempuh Kona EV dengan spek baterai tersebut hanya 305 km (dihitung dengan metode (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure atau WLTP).

Lalu apa yang menjadikannya sebagai mobil yang diklaim mampu menempuh jarak 1.000 km?

Jawabannya adalah kehadiran mesin bakar yang dijadikan   range extender mobil ini. Disebutkan oleh autobuzz.my, bahwa mobil yang pernah jadi bintang di Auto Guangzhou motor show back in 2019 ini dijejali dengan  mesin 4 silinder 1.5 liter turbocharger yang berperan untuk memperpanjang jarak tempuhnya. Mesin ini murni sebagai generator untuk mensuplai daya pada pada baterai.

Kurang lebih cara kerjanya sama dengan Nissan Kicks e-Power alias 100% electric driven namun memiliki kapasitas baterai jauh lebih besar. Sebagai pembanding Nissan Kick e-Power hanya dibekali baterai sebesar 1,75 kWh saja.

Mesin bakar pada SF 5 baru nyala saat kondisi baterai di angka 20%. Namun sayang kami belum mendapat keterangan sampai kapasitas berapa persenkan mesin bakar ini kembali ‘diam’.

Nah, apakah kehadirannya di GIIAS Surabaya 2021 ini benar-benar akan melenggang di Indonesia?

“DFSK menghadirkan Seres SF5 untuk menunjukan bagaimana kemampuan serta perkembangan teknologi yang kami miliki sekarang ini. Kami terus berkomitmen untuk menghadirkan teknologi-teknologi baru yang lebih canggih dan mendukung aktivitas mobilitas konsumen,” ungkap Achmad Rofiqi PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile.

Namun Rofiqi memberi isyarat bahwa kehadiran SF 5 bukan hal yang mustahil. “Saat ini kami sedang melakukan studi marketnya,” jelasnya saat dihubungi OtoDriver.

Kita tunggu saja perkembangannya.

OtoDriver

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com