Anda Bisa Menambah Oli Mesin Anda Jika Sudah Kurang, Tapi Begini Syaratnya

Anda Bisa Menambah Oli Mesin Anda Jika Sudah Kurang, Tapi Begini Syaratnya

Untuk mengetahui informasi seberapa banyak oli yang masih tersisa dalam mobil Anda. Dipstick dapat sekaligus menunjukkan kondisi pelumas, apakah volumenya berkurang atau perlu ditambah.

General Manager of After Sales Division PT MMKSI, Boediarto mengungkapkan bahwa apabila terdapat pengurangan oli pada sebuah kendaraan, pemilik boleh memberikan tambahan oli dengan sejumlah syarat.

"Kalau kurang sebaiknya ditambah olinya tapi mesti diingat apa mobil sudah stay lama, sudah berhenti atau sehari menginap. Itu perlu ditelusuri lagi, kalau terlalu lama apakah bocor jadi perlu diperiksa kolongnya," ungkap Boediarto, dalam acara virtual.

Dia juga mengatakan bahwa, penambahan oli pada sebuah kendaraan juga tidak boleh asal-asalan, pasalnya oli yang ditambahkan harus memiliki spesifikasi sama dengan pelumas yang sebelumnya dipakai.

"Nambahnya harus ada catatan, bahwa dipastikan oli yang ditambah sama dengan oli yang ada di mesin," kata dia.

Meski demikian, pemilik tidak disarankan untuk selalu menambahkan oli jika memang berkurang. Jika sudah batas waktu penggantian oli, pemilik tidak disarankan untuk menambah oli yang sudah melewati batas.

"Kalau diganti oli baru, kalau sudah dipakai sekian ribu kilometer. Umur oli yang 10.000 harusnya ganti akan jadi lebih lama. Karena tingkat kepekatan akan berubah jadi ada tambahan sedikit," jelas dia.

Selain perawatan oli, pemilik yang sering kali meninggalkan kendaraan dengan jangka waktu yang lama harus memperhatikan keadaan ban dari kendaraan itu dengan pemeriksaan berkala.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com