Modifikasi Toyota 86 Bermesin Listrik Milik Nissan Leaf

Modifikasi Toyota 86 Bermesin Listrik Milik Nissan Leaf

Dari beberapa kabar yang beredar menyebut Toyota akan merilis GT 86 dengan tenaga listrik, namun informasi tersebut belum jelas kepastiannya. Di luar itu pria asal Jerman, Philip Schuster telah membuat Toyota GT 86 menjadi mobil listrik.

Tentu Toyota GT 86 listrik itu bukan keluaran pabrik, melainkan hasil modifikasi. Seperti yang dilansir autoevolution, Senin (27/1), Schuster membekali sebuah Toyota GT 86 dengan konversi tenaga Nissan Leaf.

Modifikasi tersebut dimulai dengan menukar mesin boxer 2.000 cc milik GT 86 dengan penggerak listrik yang mampu menyemburkan tenaga 140 kW, atau 188 dk dengan torsi 400 Nm. kapasitas baterai mungkin hanya 24 kWh, namun kemasan yang dibuat cukup menarik.

 

Schuster juga telah memodifikasi area roda cadangan di bawah bagasi sebanyak 24 modul dari total 48. Sisanya tersebar di antara tiga kota kustom yakni di tangki bahan bakar (12 modul), di bawah motor listrik (6 modul), dan di sebelah motor listrik (6 modul).

"Jika saya berhasil dalam proyek ini, saya akan menabung untuk membeli baterai 30 kWh dari Nissan Leaf yang terbaru," ujar Schuster.

Adapun sistem manajemen baterainya adalah Orion BMS 2, inverter berasal dari Leaf, da ECU diganti dengan Arduino-based microcontroller. Sedangkan untuk pengisian daya baterai, port mampu mengisi pada tingkat 3 kW.

Dari hasil modifikasinya tersebut, Schuster berhasil membuat Toyota 86 EV dengan mudah mencapai 215 km/jam pada dyno test, dan mobil hanya butuh waktu kurang dari lima detik untuk mencapai 100 km/jam. 


 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com