Mengenal Sistem AWD Mazda CX-9 Seharga Nyaris Rp 1 M

Mengenal Sistem AWD Mazda CX-9 Seharga Nyaris Rp 1 M

Varian terbaru SUV paling premium dari Mazda yakni CX-9 resmi meluncur di Indonesia. Varian baru itu bernama lengkap Mazda CX-9 All-Wheel Drive (AWD). Ya, sesuai namanya SUV tersebut menganut penggerak semua roda, teknologi tersebut harus dicover dengan banderol hampir menyentuh Rp 1 miliar. Namun penggerak AWD itu dihadirkan dengan sistem yang Mazda sebut i-Activ. Apa maksudnya?

Dijelaskan oleh Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Fedy Dwi Parileksono, dalam sesi Q & A bersama OtoDriver, fitur i-Activ AWD itu disebut bisa mengubah sistem penggerak mobil berdasarkan kebutuhan pengemudi.

"Fitur ini sebenarnya dalam kondisi normal dia bergerak secara Front Wheel Drive namun dalam kondisi on demand dia bisa beruabah traksi menjadi All Wheel Drive," ujarnya kepada OtoDriver, Jumat (3/4).

 

Lebih detail Fedy menjelaskan, sistem i-Activ menawarkan pengendalian yang hebat dan keamanan berkendara terbaik di kelasnya, yang dapat bekerja untuk bisa mengabulkan keinginan dan kebutuhan pengemudi saat mengendarai Mazda CX-9 AWD.

Dalam kondisi normal, sistem penggerak akan meneruskan tenaga pada roda depan, kendaraan berfungsi layaknya menggunakan sistem penggerak roda depan. Ketika sistem dan komputer mencatat adanya slip, maka secara otomatis sistem akan membagi tenaga pada roda belakang melalui perintah komputer yang dirangkum pada sistem i-Activ AWD. 

"System canggih ini akan bekerja secara simultan dan membaca pergerakan roda jika terjadi slip atau kebutuhan penggerak pada roda belakang," jelasnya.

Dengan sistem i-Activ AWD itu juga mampu menyalurkan keseluruhan tenaga pada ke-empat rodanya, memberikan tambahan traksi maksimum pada saat akselerasi, sekaligus memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, karena ke-empat rodanya dapat dengan cekatan mencengkram permukaan jalan pada saat kondisi jalan licin, sedikit berbatu atau off-road ringan.

 

"Jadi ada suatu sistem yang bisa mengkalkulasi gerakan roda ketika traksi dibutuhkan di roda belakang maka dia akan memindahkan traksi atau torsi ke roda belakang, jadi memang berbeda dengan produsen Jepang lainnya yang kita kenal dengan Four Wheel Drive-nya, sistem AWD di CX-9 ini tidak full time AWD ya, jadi dia on demand," tutur Fedy.

PT EMI selaku distributor resmi Mazda di Indonesia, membanderol Mazda CX-9 i-Activ AWD ini Rp  954,9 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut dianggap Mazda Indonesia tidak kemahalan. Karena menurut Fedy, dengan harga segitu konsumen akan mendapatkan banyak keuntungan.

"Jadi dengan harga yang masih di bawah Rp 1 miliar ini konsumen akan mendapatkan kendaraan premium sekelas Mazda CX-9 dengan penggerak empat roda yang tentunya traksinya akan lebih bagus dari sisi keamanan juga lebih baik dan sebagainya," pungkas Fedy.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com