Malaysia Rupanya Telah Garap Mobil Listrik Ini. Mirip Honda Jazz!

Malaysia Rupanya Telah Garap Mobil Listrik Ini. Mirip Honda Jazz!

Negara tetangga Malaysia rupanya telah membangun mobil listrik prototype-nya. Seperti dikutip dari Paultan.org (12/9), mobil ini digarap oleh perusahaan EV Innovation.

Prototipe mobil listrik buatan Malaysia itu telah diciptakan. Konsep itu disebut MyKar yang pengerjaannya dimulai sejak Januari 2019 silam.

Namun jika dilihat dari tampilan luarnya, maka yang terlintas langsung dalam pikiran adalah Honda Jazz. Memang, MyKar memanfaatkan pintu dan suspensi dari Honda Jazz, sehingga garis desain bodinya mirip dengan hatchback Honda tersebut. Tapi desain itu baru sebatas prototipe untuk keperluan pengujian.

Mobil listrik dengan bobot 900 kg ini ditenagai dua buah motor listrik yang menggerakkan roda belakang. Mobil ini dilengkapi baterai berkapasitas 10 kWh yang terdiri dari 32 sel baterai China Aviation Lithium Battery (CALB) lithium-ion phospate (LiFePO4) seberat 100 kg.

Konsumsi energinya hanya 6,6 kWh per 100 km. Diklaim, mobil listrik Malaysia MyKar ini bisa menempuh jarak hingga 150 km untuk sekali pengisian daya. Pengisian daya baterai hanya butuh waktu 3 jam.

Mobil listrik dengan kapasitas 10 kWh ini bisa menyemburkan tenaga setara 32 daya kuda dengan torsi maksimal 295 Nm. Kecepatan maksimum yang diklaim adalah 104 km/jam, akselerasi 0-100 km/jam bisa dilakukan dalam 16,7 detik.

 

Baca Juga

     

    Bagikan

    Tag

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com