Efek India-Cina Memanas, Suzuki Hidupkan Kembali ‘Jimny’ Tuanya

Efek India-Cina Memanas, Suzuki Hidupkan Kembali ‘Jimny’ Tuanya

Di tengah simpang siur kabar pembuatan New Jimny di luar Jepang yang konon akan dibuat  Suzuki Maruti asal India. Walau sampai saat ini keberadaannya masih sebatas kabar burung saja dan belum ada bukti menuju ke arah itu.

Namun ternyata Suzuki-Maruti punya hal yang lebih pasti mengenai Jimny, dan itu bukan mengenai New Jimny yang tengah booming di mana-mana. Pabrikan join venture ini justru menghidupkan kembali sosok Maruti Gypsy yang tak lain merupakan rebadged dari Suzuki Jimny generasi II. Sebelumnya Maruti telah menyuntik mati Gypsy sejak akhir 2018 lalu dan mobil ini benar-benar hilang dari pasar India di Maret 2019.   

Kebangkitan kembali Gypsy ini tak tak lepas dari memanasnya hubungan India-Cina yang terjadi belakangan ini menjadi penyebab dihidupkannya kembali SUV bersasis panjang ini. Indianautosblog.com mengabarkan bahwa Angkatan Darat India telah melakukan pemesanan sebanyak 3.051 unit Gypsy. Dikabarkan bahwa mobil ini dirasa sudah teruji kehandalan dan ketangguhannya selama hampir lebih dari 30 tahun di semua medan India yang cukup beragam, seperti gurun hingga dataran tinggi dengan udara tipis.

Sebagai langkah awal, Angkatan Darat India telah menerima pesanan 718 unit pada bulan Juni lalu.

Gypsy yang dibuat ulang ini menggunakan mesin 1.3 liter dengan muntahan daya 80 hp dan torsi 103 Nm yang telah disesuaikan dengan standar emisi yang ada saat ini berlaku di negeri martabak yakni BS-4. Mesin berkode G13BB ini menggunakan sistem injeksi multipoint yang diakurkan dengan transmisi manual 5 speed dan transfercase 2 speed high dan low.

Di India, Gypsy mulai dikenalkan pada 1985 di mana saat itu mobil ini menggunakan mesin F10 970 cc SOHC sebagai mesinnya. Spesifikasi ini sama dengan yang digunakan oleh Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia (1982-2005).

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com