Sebab Pabrikan di Indonesia Harus Mulai Produksi Sedan

Sebab Pabrikan di Indonesia Harus Mulai Produksi Sedan

Di tengah kondisi pasar otomotif lokal yang menurun, Kementerian Perindustrian menekankan pentingnya orientasi pabrikan untuk menyasar pasar ekspor. Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika menyebut Australia sebagai pasar potensial untuk ekspor mobil.

Negeri Kanguru itu punya pasar otomotif sebesar 1,4 juta dan nihil industri otomotif sejak 2017. Artinya untuk pemenuhan kebutuhan akan moda transportasi mereka akan mengandalkan impor.

Di lain sisi, Putu menerangkan kalau Indonesia punya keuntungan karena menjalin kerja sama ekspor dengan Australia. Pemerintah Indonesia dan Australia telah menyepakati kerja sama dagang melalui Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Salah satu komoditas yang mendapat keistimewaan bea masuk ke sana adalah otomotif.

 

"Cuma sayangnya, produk kendaraan kita belum sesuai dengan permintaan pasar Australia. Jadi Australia itu permintaannya SUV dan sedan. Sementara di negara kita produksinya MPV," kata Putu, dalam forum diskusi bertajuk Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0, di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12).

Semakin penting dan terasanya kontribusi pasar ekspor ini dibuktikan Putu lewat data. Sepanjang 10 bulan pertama tahun 2019 penjualan kendaraan roda empat Indonesia secara keseluruhan mengalami penurunan sebesar 5 persen dibanding periode yang sama setahun sebelumnya. Produksi mobil dari Indonesia menyusut menjadi sekitar 1,075 juta unit, dengan pasar dalam negeri sekitar 849 ribu unit (turun 12 persen dibanding tahun sebelumnya).

Menariknya dalam kondisi seperti ini tingkat ekspor tetap meningkat. Berturut-turut ekspor CBU dan CKD mencapai angka 275 ribu (naik 29 persen) dan 397 ribu (naik 483 persen).

Tahun 2025 target pemerintah mencanangkan nilai ekspor sebanyak 310 ribu unit, yang nyatanya sudah dilewati saat ini. Hal ini mendorong Gaikindo menetapkan target untuk tahun 2025 ekspor mencapai 1 juta unit, yang sekarang jadi terlihat mungkin terjadi.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com