Mau Swap Engine? Kenalan Dahulu Dengan Bengkel Satu ini

Mau Swap Engine? Kenalan Dahulu Dengan Bengkel Satu ini

Swap engine merupakan hal yang umum dilakukan, metode ini memang identik dengan modifikasi untuk meningkatkan performa. Mencari mesin yang diinginkan sendiri bukanlah perkara mudah. Pasalnya penjual mesin gelondongan sangatlah sedikit di Indonesia. Lantas bagaimana caranya mencari mesin yang diinginkan?

Untuk mengupas seluk beluk mengenai swap engine kami menemui salah satu "pemainnya", yakni Vriva Motor. Bengkel mesin copotan ini menyediakan hampir seluruh mesin kendaraan roda empat. Mulai dari mesin mobil yang ramai di pasaran seperti Toyota Avanza hingga mesin-mesin langka yang jadi primadona pecinta kecepatan.

 

"Umum yang dipasaran seperti Avanza ada. Kalau yang langka mesin JDM seperti mesin Honda B18 atau Toyota 2JZ juga ada walaupun rada-rada susah," ujar Feri pemilik Vriva Motor di Bekasi, Jawa Barat (29/1).

Bengkel mesin copotan yang sudah dibuka sejak tahun 1989 itu hanya melayani penjualan part mesin mobil. Sedangkan untuk pemasangan, konsumen harus memiliki bengkel tersendiri untuk urusan tersebut. "Melayani penjualan mesin, gearbox atau part lainnya aja. Kami engga menyediakan jasa pemasangan," ungkap Feri.

Ia berani menyebut semua mesin yang dijual di bengkelnya merupakan masih dalam kondisi bagus. Hal tersebut dikarenakan barang dagangan di bengkelnya merupakan mesin "limbah" dari Malaysia. Negri Jiran sendiri dikenal sebagai tempat penampungan limbah mesin baik dari Jepang ataupun Australia.

"Kami engga ada garansi. Karena rata-rata mesin dari Malaysia itu masih dalam keadaan bagus. Paling pemakaian 3 tahun kan sudah dipotong kalau di Jepang. Kalau dari Australia biasanya mobil sehabis kecelakaan baru dipotong. Jadi yang dijual mesin tahun muda," jelas Feri kepada OtoDriver.

Sementara untuk mesin-mesin langka atau legendaris, Feri mengaku mendapatkan mesin tersebut dari Taiwan. "Kalau mesin yang langka atau tua, biasanya dari Taiwan," jelasnya. Bengkel mesin copotan Vriva Motor dapat ditemui di Jalan Raya Pekayon, Jaka Setia, Bekasi, Jawa Barat dan Jalan Cinangka Sawangan, Depok, Jawa Barat.

 

Reporter: Brian

Foto: Brian

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com