Inilah Fitur Keselamatan Canggih Daihatsu yang Akan Masuk Indonesia

Inilah Fitur Keselamatan Canggih Daihatsu yang Akan Masuk Indonesia

Tidak hanya melihat model masa kini Daihatsu di booth Tokyo Motor Show 2019, OtoDriver juga diberi berkesempatan mencoba fitur-fitur unggulan terbaru line up Daihatsu yang mungkin segera pada model yang akan dijual di tanah air.

Bertempat di Fuji Speedway, Jepang, fitur unggulan yang diperkenalkan terdapat pada unit tes Kei Car Daihatsu Tanto dan Copen. Model pertama memang belum dijual di Indonesia, kemudian Copen juga sudah tak lagi dipasarkan PT Astra Daihatsu Motor saat ini, namun demikian keduanya sudah dilengkapi fitur keselamatan canggih yang bermanfaat untuk diterapkan di model Daihatsu yang ada di Indonesia saat ini.

 

Tanto telah dilengkapi dengan Pre Collision Warning, Assist Brake, Lane Departue Alert, Adaptive Drive Beam, Auto High-Beam, Lane Departure Assist, Sign Recognition, Mis-pedal Operation Control, Front Departure Alert dan Corner sensor.

Kemudian ada juga tambahan fitur terbaru pada Tanto dan Copen yang diberi nama Smart Assist Plus, seperti Parking Assist, Side View Light, Panorama Monitor dan Adaptive Cruise Control. Semua fitur yang diaplikasikan tersebut dapat membantu pengendara meminimalisir potensi kecelakaan.

Makoo Arisato selaku Coordinator Marketing & Sales Promotion Departemen, Overseas Business Management Daihatsu Motor Corporation mengatakan, fitur ini bisa dikatakan sebagai yang pertama pada segmen Kei Car. Kami adalah pelopor untuk segmen ini.

Meski demikian, Amelia Chandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor berpendapat, bahwa tidak semua fitur yang diterapkan pada Tanto dapat diaplikasikan di model yang dijual di Indonesia. Hal tersebut karena dianggap karakter yang tidak sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia.

Adapun beberapa fitur yang mungkin segera direalisasikan untuk model yang dijual di Indonesia antara lain, Panorama Parking Assist dan Mis-pedal operation Control.

Kedua fitur itu sangat penting, karena dapat memudahkan para pengguna Daihatsu di tanah air. Seperti Panorama Parking Assist yang dapat membantu kita untuk parkir di tempat yang sempit. Bahkan dengan fitur ini para pengemudi tidak perlu menggerakan tangan dan cukup mengatur injakan pedal rem saat mendapat posisi parkir yang sesuai.

 

Dengan bantuan kamera 360 yang berfungsi sebagai sensor, pengemudi cukup menekan tombol fungsi yang terdapat di lingkar kemudi, dan akan mendeteksi tempat parkir yang pas dengan garis berwarna biru.

Kemudian untuk fitur Mis-pedal, dianggap sesuai dengan karakter di Indonesia. Karena banyak sekali kasus kecelakaan akibat kecerobohan pengemudi yang ingin menekan pedal rem malah menginjak pedal gas.

 

Kedua fitur diprediksi bakal segera diterapkan pada mobil-mobil Daihatsu yang dijual di Indonesia dalam waktu dekat. "Kalaupun diterapkan, tentunya akan menjadi fitur yang melengkapi varian tertinggi sebuah model, misalnya Sigra varian tertinggi," tambah Amelia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com