Mengetahui Tambahan Fitur Keselamatan di Suzuki All New Ertiga

Untuk pertmakalinya Ertiga mendapat ESP dan Hill Hold Control.
Penulis: Hariawan Arif
Kamis, 3 Mei 2018 10:00 WIB
Berita - Mengetahui Tambahan Fitur Keselamatan di Suzuki All New Ertiga
Bagikan ke:

Suzuki All New Ertiga telah resmi meluncur beberapa waktu lalu. LMPV generasi terbaru dari Suzuki ini memiliki satu varian dengan fitur keselamatan yang komplit yaitu di tipe GX ESP.

Sebenarnya pada seluruh varian Ertiga sudah memiliki sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Namun kini ada tipe GX ESP yaitu punya teknologi yang lebih banyak, yakni dapat tambahan Electronic Stability Program (ESP).

Foto - Mengetahui Tambahan Fitur Keselamatan di Suzuki All New Ertiga

ESP milik Suzuki Ertiga ini memiliki fungsi untuk memberikan pengendalian yang optimal dan aman saat berkendara dengan cara mendeteksi gejala slip dan meminimalkan gejala understeer dan oversteer.

Menurut pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), untuk varian dengan ESP, sistemnya juga memiliki tugas untuk mengatur sensor lain yaitu ABS, EBD dan Torque Control System (TCS).

"Semuanya diatur oleh ESP Control Unit. ABS biasanya hanya pakai G sensor di hidroliknya, dengan adanya ESP ini jadi ada tambahan Yaw sensor dan G sensor dan ada longitudinal dan lateral sensor," ucap Totok Yulianto selaku 4W Service Section Head PT SIS.

Ertiga yang punya fitur ESP ini akhirnya juga membuatnya mendapatkan fitur baru yaitu Hill Hold Control (HHC). Sebuah fitur yang berfungsi menahan mobil agar tidak meluncur di tanjakan atau turunan.

"Saat hendak menanjak dari posisi diam, fitur ini memberikan jeda sekitar dua detik agar kaki dapat melepaskan rem dan berpindah ke pedal gas," tutup Totok.

#suzuki #ertiga

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.