Kenapa Proton Iriz 1.600 CC Tak Didatangkan Ke Indonesia?

Kenapa Proton Iriz 1.600 CC Tak Didatangkan Ke Indonesia?

Proton Iriz yang di negara asalnya, Malaysia tengah eksis dalam dua pilihan mesin tapi ternyata tidak demikian dengan di Indonesia. PT Proton Edar Indonesia selaku APM merek asal negeri jiran itu hanya memasukkan Iriz bermesin 1.300 cc.

Padahal ada juga Iriz bermesin 1.600 cc yang tentunya lebih bertenaga. Lantas apa alasan Proton hanya membawa satu tipe mesin? 

"Karena kami masih mau lihat dulu sambutan masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta atas Iriz ini," tukas Dato' Ahmad Fuaad Kenali, CEO Proton holdings Bhd. dalam jumpa pers peluncuran Iriz di Jakarta (18/2). Di samping itu, Iriz 1.3L inilah yang diklaim mereka tengah jadi primadona di Malaysia.

 

 

Dengan kata lain, Proton enggan berspekulasi lebih jauh. Tapi jika Iriz 1.3L terbukti mampu merebut pangsa pasar mobil sekelasnya, maka bukan tak mungkin Proton akan mendatangkan tipe 1.600 cc suatu hari kelak.

Karena tipe mesin terkecil inilah yang juga terbukti laris di Malaysia. "Proton Iriz terjual kurang lebih 1.000 unit per bulan di Malaysia, dengan komposisi 80 persen untuk tipe 1.300 cc dan sisanya 1.600 cc," tambah Dato' Ahmad Fuaad yang menuturkan penjualan Iriz di Malaysia. 

Harusnya, kini ia jadi salah satu pilihan terbaik di segmen low hatcback Indonesia. Ini karena Iriz jadi mobil terlengkap fitur keselamatannya. Bahkan build quality-nya tergolong oke. 

"Iriz juga satu-satunya mobil hatchback yang punya rating five stars dalam ASEAN NCAP, di kelasnya" bangga Dato' Ahmad Fuaad. Ia menambahkan, Iriz 1.3L di Malaysia tengah bersaing ketat dengan Perodua Myvi, atau yang di Indonesia dikenal sebagai Daihatsu Sirion.

Namun menurut kami ada satu lagi hal yang menghambat Iriz 1.6L masuk Indonesia, yakni skema pajak. Di Indonesia ada keringanan pajak untuk mobil 1.500 cc ke bawah. Artinya Iriz bermesin 1.600 cc tak akan menikmati keringanan itu seperti rival lainnya macam Honda Jazz atau Toyota Yaris.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com