Ini Total Tarif Tol Dari Cikampek Sampai Jawa Timur, Beberapa Tol Gratis

Penulis: Hariawan Arif
Rabu, 21 Juni 2017 03:30 WIB
Berita - Ini Total Tarif Tol Dari Cikampek Sampai Jawa Timur, Beberapa Tol Gratis
Bagikan ke:
Inilah biaya yang harus disiapkan untuk tol trans Jawa yang beberapa di antaranya masih tergolong tol baru.

Menjelang musim mudik dan libur Lebaran 2017, banyak masyarakat mulai mempersiapkan rute perjalanannya untuk kembali ke kampung halaman. Jika Anda memilih menggunakan mobil pribadi dan mudik di kawasan ataupun melewati Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, sejak 2015 dimudahkan dengan hadirnya jalur tol Cikopo - Palimanan (Cipali).

Saat baru mulai beroperasi pada 13 Juni 2015, tol Cipali langsung menjadi akses utama pemudik untuk pergi dari dan kembali menuju Jakarta. Jika Anda ingin mudik melalui tol Cipali, maka anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp 109.500. Rinciannya yakni dari Cikarang Utama-Cikopo sebesar Rp 13.500 dan Cikopo Palimanan sebesar Rp 96 ribu.

Setelah melalui ruas tol Cipali, jika Anda melanjutkan ke tol Palimanan-Kanci (Palikanci) sepanjang 26,3 km akan dikenai tarif Rp 11.500. Dilanjutkan ruas tol Kanci-Pejagan dengan tarif Rp 21,500 dan selanjutnya tol Pejagan-Brebes Timur dengan tarif Rp 20 ribu.

 

Foto - Ini Total Tarif Tol Dari Cikampek Sampai Jawa Timur, Beberapa Tol Gratis

 

Setelah keluar di Brebes Timur atau yang tahun lalu ngetop dengan sebutan Brexit, pemudik akan melalui ruas tol baru yaitu Brebes Timur-Gringsing yang belum dikenakan biaya alias gratis. Selanjutnya, Anda akan melalui jalan arteri hingga akhirnya masuk tol Semarang-Salatiga dengan tarif Rp 13.500. Gerbang tol ini belakangan disebut-sebut sebagai gerbang tol terindah karena berlatar belakang pemandangan gunung Merbabu.

Selanjutnya, bagi Anda yang akan melanjutkan perjalanan menuju Jawa Timur kini bisa memanfaatkan tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono yang bersifat fungsional selama musim mudik Lebaran. Di tol Kertosono-Mojokerto, dari lima Seksi, ada dua yang sudah beroperasi, yakni Seksi 1 Bandar-Jombang yang dikenai tarif Rp 10 ribu. Dan ruas terakhir adalah tol Mojokerto-Surabaya dengan tarif sebesar Rp 15.500.

Jadi, total tarif tol yang harus dibayar jika hendak menuju Jawa Timur dengan ambil start dari tol Cikampek adalah Rp 201.500. Tarif ini tentunya termasuk masih murah, sebab ada beberapa tol yang masih tak dikenakan biaya.

Jadi, sudah siap mudik lewat tol?

#tol #mudik

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.