Waspada Jalanan Berkelok nan Curam dan Penurunan Kinerja Rem

Waspada Jalanan Berkelok nan Curam dan Penurunan Kinerja Rem

Jalan raya berkelok nan curam menjadi tantangan tersendiri saat mengemudi. Seperti yang terjadi di rute alternatif Cangar menuju Mojokerto, Jawa Timur, sempat beredar video kecelakaan di media sosial yang terjadi di daerah ini. Sejatinya di rute ini memang kerap terjadi berbagai kecelakaan yang disebabkan oleh kegagalan rem atau sering dikenal dengan istilah 'rem blong'. Karena seringnya terjadi kecelakaan, warga sekitar sering mengaitkan peristiwa tersebut dengan dunia mistis.

Dalam video yang telah dilansir oleh akun Instagram Agoez_Bandz, terlihat sebuah Toyota Kijang Innova mengalami tabrakan dengan truk berukuran sedang, keduanya menabrak pagar pembatas jalan hingga hampir terjun ke jurang. Menurut informasi yang beredar, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Hingga saat ini video tersebut telah disaksikan lebih dari 66.000 kali dan mengundang berbagai perdebatan antar Netizen.

 

“Rem gagal bekerja dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena suhu piringan dan sepatu rem yang mencapai lebih dari batas normal sehingga membuat daya cengkeramnya justru berkurang,” terang Reza Hardian, Instruktur DeID Defensive Indonesia. Hal ini yang dirasa paling sering menjadi penyebab 'rem blong' ketika mobil melewati rute menurun yang panjang dan pengemudi menginjak pedal rem terus menerus tanpa memberikan kesempatan komponen rem beristirahat untuk kembali ke suhu normalnya.

Kecelakaan fatal hingga merenggut nyawa terjadi akibat gagalnya rem menghentikan laju mobil hingga membuatnya meluncur kencang dan tidak terkontrol. Hingga akhirnya mobil terbalik, menabrak pembatas jalan, atau masuk ke jurang yang menyebabkan kematian. Kejadian seperti ini tentu dapat dicegah dengan lebih berhati-hati, mengecek kondisi mobil dan melakukan perhitungan yang tepat saat sebelum melewati rute ekstrem.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com