Walau Penjualan Masih Di Bawah Indonesia, Toyota Malaysia Kini Buat Pabrik Baru

Walau Penjualan Masih Di Bawah Indonesia, Toyota Malaysia Kini Buat Pabrik Baru

Toyota bersiap membangun pabrik baru di Malaysia seiring bertambahnya permintaan produk-produk mobilnya. Walau sebenarnya penjualan Toyota di pasar lokal negara tetangga ini masih di bawah Indonesia dan Thailand.

Seperti yang dilansir Asia Nikkei (17/5), UMW Toyota Motor, perusahaan patungan antara Toyota dan Malaysia UMW Holdings siap membangun pabrik baru. Setidaknya dana 30 miliar Yen atau sekitar 275 miliar Dolar AS siap digelontorkan untuk mewujudkannya.

Pabrik yang ditargetkan akan selesai dibangun pada awal 2018, diharapkan mampu meraih kapasitas produksi mencapai 50 ribu unit per tahunnya. Menurut sumber yang sama, pabrik ini difokuskan untuk membuat mobil kecil.

Saat ini Malaysia punya dua pabrik Toyota, dan mampu memproduksi 80 ribu kendaraan per tahun diantaranya sedan Vios dan pick up Hilux. Toyota yang mulai memproduksi mobil di Malaysia sejak 1968 belum membuka keran informasi apakah penambahan kapasitas produksi tersebut juga untuk menggenjot eksporatau tidak.

Sebenarnya rencana pembangunan pabrik baru ini sudah bergulir sejak 2013 lalu. Tapi sempat batal karena pendapatan Toyota Malaysia memburuk. Sepanjang 2015, penjualan mobil Toyota di Malaysia mencapai angka 660 ribu unit. Ini membuat Malaysia berada di posisi ketiga di bawah Indonesia dan Thailand. Dengan adanya penambahan kapasitas produksi merek asal Jepang ini optimis angka penjualan di 2016 bisa membaik di Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com