Wajib Cek Kondisi AC Sebelum Mudik

Wajib Cek Kondisi AC Sebelum Mudik

Pendingin ruangan atau AC merupakan salah satu fitur mutlak yang dibutuhkan saat melakukan mudik Lebaran. Bisa dibayangkan jika fitur ini absen dalam kehadirannya maka perjalanan tentunya jauh dari nyaman dan lebih menguras tenaga serta stamina. Karenanya, kondisi AC yang prima merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi.

“Melakukan service untuk unit AC sebaiknya dilakukan untuk memastikan kondisi AC tetap dingin selama perjalanan,” terang Suminto dari Suto Motor yang bermarkas di bilangan Pondok Gede Bekasi.

 

Pria yang akrab disapa Minto ini mengatakan bahwa pengecekan ini merupakan bagian dari pemeliharaan rutin yang seharusnya dilakukan secara berkala. Namun berhubung kondisi khusus untuk dipergunakan mudik yang rata-rata menempuh jarak jauh dan pertimbangan usia mobil yang berbeda-beda, maka sebaiknya dilakukan fresh service.

“Fresh service ini merupakan servis ringan yang meliputi penggantian filter kabin (apabila ada), membersihkan blower AC, cek freon dan sirkulasinya,” sambungnya. “Jenis Fresh Service ini hanya berlaku pada mobil yang melakukan perawatan AC secara rutin atau selalu dicek dan servis setiap 6 bulan sekali,” imbuhnya.

Namun bagi mobil yang jarang melakukan perawatan rutin maka wilayah yang akan ditangani pun meluas begitupun dengan item jasanya. “Kita akan melakukan clean service, yakni membersihkan evapurator, flashing saluran AC, ganti filter dryer, ganti ekspansi valve dan penggantian oli kompresor,” paparnya lebih lanjut.

Dalam pelayanannya, Minto mematok harga Fresh Service Rp 200 hingga 400 ribu dan Heavy servis Rp ,800 ribuan untuk single blower dan Rp 1,5 juta doble blower. Harga ini merupakan patokan dan bisa berubah sesuai dengan kondisi, jenis dan merek mobilnya.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com