Volume Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia Masih Kecil

Volume Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia Masih Kecil

Tingkat penjualan produk otomotif di Indonesia merupakan salah satu yang paling tinggi di dunia. Bahkan faktanya penjualan mobil di Indonesia bisa mencapai satu juta unit pertahunnya.

Namun tingginya jumlah penjualan unit pertahun tersebut tidak mengartikan jumlah kendaraan di Indonesia terlalu banyak. Walaupun di beberapa kota-kota besar populasi kendaraan, khususnya mobil pribadi, sudah terasa sangat padat.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan jika dilihat dari rasio kepemilikan, Indonesia masih kalah dari Thailand dan Malaysia. Volume kendaraan di Indonesia dianggapnya masih sangat kecil jika dibandingkan dua negara ASEAN tersebut.

 

 

"Bicara volume, di Indonesia sangat kecil sekali. Kita hanya punya 87 unit mobil per 1.000 orang. Sementara Thailand sudah 240 mobil per 1.000 orang dan Malaysia 400 mobil per 1.000 orang," ujar Nangoi di Jakarta, Selasa (2/7).

Sehingga menurut Nangoi jika memang Indonesia dianggap sudah penuh oleh kendaraan, hal itu adalah tidak benar. Jika memang terlihat padat hal ini dikarenakan perkembangan masih terkonsentrasi di Pulau Jawa.

"Tapi kalau pemerintah berhasil membangun infrastruktur yang lebih baik, Anda akan menemukan penyebaraan penggunaan kendaraan lebih banyak di daerah-daerah. Saat ini 60 persen pulau Jawa dan 40 persennya di luar Pulau Jawa sudah mulai menyebar," ungkap Nangoi.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com