Toyota Membuat Mobil di Indonesia Dengan Kandungan Lokal Tinggi

Toyota Membuat Mobil di Indonesia Dengan Kandungan Lokal Tinggi

Pabrik Toyota Indonesia bisa dibilang memiliki performa yang sangat apik dalam berbisnis. Bukan cuma mampu mengekspor mobil rakitannya ke berbagai negara, tapi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga terus meningkatkan kandungan lokal.

Kini bahkan istilah "merakit" sudah tidak tepat lagi digunakan jika bicara hasil produksi PT TMMIN. Pasalnya dalam menghasilkan sebuah mobil, PT TMMIN membuatnya dari lempengan baja, mengecor besi untuk jadi mesin hingga utuh menjadi mobil. Tak salah jika kita sebut kegiatan tersebut dengan "membuat" daripada "merakit".

 

Dalam siaran pers yang kami terima pekan lalu, Tingkat Kandungan Dalam Negeri alias TKDN dari rata-rata mobil yang dibuat PT TMMIN kini mencapai 65 persen. 

"Peningkatan kandungan lokal murni (true localization) produk yang dimulai dari penggunaan sumber material dalam negeri, menjadi upaya yang fundamental untuk menjaga daya saing. Di saat yang sama, kegiatan tersebut dapat membantu menekan impor raw material," ujar Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN.

Sejak 2004, PT TMMIN telah menggunakan baja lokal untuk bagian-bagian tertentu pada mobil buatannya. Di tahun 2017, dua
jenis bahan mentah yaitu resin, bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, dan non-woven fabric, bekerja sama dengan PT Herculon Carpet, telah berhasil dilokalkan.

Di tahun 2016, bekerja sama dengan PT Pertamina, pabrik Toyota Indonesia ini juga berhasil melokalkan oli mesin. Kini pihaknya tengah dalam proses riset dan pengembangan penggunaan aluminium lokal untuk dipergunakan pada wheel disc dengan bekerja sama dengan INALUM dan Pako.

Toyota menargetkan bisa mencapai true localization hingga level 80% di tahun 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com