Tol JORR Diuji Coba Contra Flow, Target Kurangi Kemacetan

Tol JORR Diuji Coba Contra Flow, Target Kurangi Kemacetan

Tol JORR segmen Kalimalang-Cikunir mulai dari KM 47+750 hingga KM 45+650 digelar uji coba rekayasa lalu lintas contra flow. Uji coba ini dilakukan mulai Rabu tanggal 19 September hingga 3 Oktober 2018 mendatang, dari pukul 08.00 sampai 10.00 WIB dalam kurun waktu dua minggu dan dilakukan pada hari kerja kecuali pada Sabtu dan Minggu.

Pelaksanaan uji coba ini diharapkan dapat melancarkan perjalanan pengguna jalan tol JORR di SS Cikunir khususnya pengguna jalan tol dari arah Bintara menuju Pondok Indah. Pengguna jalan tol selama ini terhambat adanya antrian kendaraan yang akan menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek karena pada jam-jam tersebut terjadi peningkatan volume lalu lintas angkutan barang dampak berakhirnya jam pemberlakuan waktu pembatasan kendaraan angkutan barang.

Selain itu, adanya pekerjaan infrastruktur di koridor Jakarta-Cikampek seperti proyek Jalan Layang Cikampek II (Elevated), Light Rail Transit (LRT) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga mempengaruhi tingkat kepadatan di Jalan Tol JORR.

 

"Penerapan contraflow ini diharapkan mereduksi penumpukan kendaraan yang seringkali terjadi pada jam-jam sibuk dan akhir pekan terutama di SS Cikunir. Bila uji coba ini menunjukkan hasil signifikan, maka akan diberlakukan pada arah sebaliknya sampai lalu lintas di SS Cikunir normal kembali dengan selesainya proyek-proyek di Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata Thomas Dwiatmanto selaku Kepala Divisi Manajemen Operasi PT JLJ dalam siaran persnya.

Hasil uji coba contraflow akan dievaluasi, jika dinilai efektif maka akan dilaksanakan secara rutin dengan memperhatikan kondisi lalu lintas dan bahkan akan dilaksanakan juga untuk jalur A (Arah Pondok Indah menuju Bintara). Pada uji coba contraflow ini pengguna jalan tol dari arah Rorotan, Cakung maupun Bintara yang akan melakukan perjalanan menuju arah Jati Asih atau Pondok Indah akan dialihkan ke menuju jalur contraflow. Pengguna jalan tol diharapkan mematuhi perambuan dan arahan petugas Jasa Marga yang siaga di lapangan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com