Tidak Hanya Di Pesawat, Black Box Juga Ada Di Mobil

Tidak Hanya Di Pesawat, Black Box Juga Ada Di Mobil

Sebuah pesawat terbang umumnya sudah dilengkapi dengan kotak hitam atau yang dikenal blackbox. Sebutan ini sebenarnya untuk menggantikan nama dari sebuah sistem untuk mengetahui rekam jejak pesawat ketika terjadi kecelakaan.

Ada dua fungsi yang berguna pada kotak hitam yaitu satu untuk merekam informasi dari komputer penerbangan dan satunya lagi untuk merekam suara dari dalam kokpit serta merekam berbagai suara yang timbul dari sekitar kokpit. Kotak hitam ini sangat berguna untuk melakukan investigasi dalam mengungkap kenapa bisa sampai terjadi kecelakaan.

Seperti kecelakaan pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, kemarin pagi, kotak hitam bisa dikatakan menjadi "saksi" kunci dari peristiwa ini.

Ternyata kotak hitam ini tidak hanya hadir untuk pesawat saja, teknologi ini juga hadir di mobil. Menurut yang disampaikan USA Today, sejak tahun 1994 beberapa mereka otomotif asal AS seperti Cadillac, Buick, Chevrolet dan Pontiac sudah menyediakan perangkat tersebut sebagai standar. Blackbox ini hadir untuk membantu para pabrikan melakukan investigasi apabila terjadi kecelakaan.

 

 

Kemudian sejak awal tahun 2000, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) sudah mulai mengumpulkan berbagai informasi dari kotak hitam untuk mempelajari berbagai kondisi kecelakaan yang terjadi. Kemudian mulai tahun 2013 hampir 96% mobil yang dijual di AS sudah memiliki kotak hitam dan sejak 1 September 2014, kotak hitam wajib hadir pada semua mobil yang dijual di AS.

Awalnya, kotak hitam ini hanya berfungsi untuk merekam apakah airbag meledak atau tidak. Namun semakin maju teknologi, NHTSA mewajibkan untuk setidak kotak hitam mampu mereka 15 variabel berbeda mulai dari kecepatan mobil saat menabrak, posisi throttle, waktu meledaknya airbag, aoakah sistem pengereman bekerja dengan baik, apakah seatbelt terpasang atau tidak, putaran mesin dan juga sudut kemiringan lingkar kemudi.

Bahkan kini pabrikan pun sudah menambah hingga 30 variable sehingga kini juga bisa diketahui dimana lokasi kejadian berdasarkan GPS, video dan audio yang juga bisa terekam sekitar 20 detik sesaat sebelum terjadi kecelakaan. Alat ini biasa digunakan di mobil penumpang atau kendaraan komersial sebagai alat investigasi yang berharga untuk memantau atau memvalidasi terjadinya kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com