Temuan Mesin Turbo Tiap Silinder Dipatenkan Eks-Pegawai Ford!

Temuan Mesin Turbo Tiap Silinder Dipatenkan Eks-Pegawai Ford!

Seorang mantan pegawai Ford bernama Jim Clarke, mendaftarkan paten untuk sebiah sistem mesin dengan satu turbo pada setiap silinder dari sebuah dapur pacu pembakaran internal. Konsep ini mengaplikasikan satu turbo pada tiap-tiap silinder mesin, artinya mesin empat silinder akan memiliki empat buah turbo!

Dikutip dari Paultan (23/10), konfigurasi ini membutuhkan dua throttle body dan turbo berukuran lebih kecil yang membuat proses spooling atau penghisapan udara oleh turbo menjadi lebih singkat. Dengan ukuran yang kecil membuat konfigurasi turbo ini dapat dipasang sangat dekat dengan katup pembuangan.

Menurut Car and Driver, turbo yang dibuat oleh Clarke ini masih menjadi suatu konsep teoritis karena belum ada purwarupa (prototype) yang dibuat. Ketika masih bekerja untuk Ford, Clarke bertanggungjawab untuk mengembangkan mesin modular V8 dan Duratec V6.

Mesin pembakaran internal memang sudah hampir digantikan oleh tenaga listrik maupun hybrid, tapi mungkin saja dengan didaftarkannya paten ini masa depan mesin pembakaran internal masih panjang. Buktinya Koenigsegg telah mematenkan mesin camless, atau mesin SkyActiv-X milik Mazda yang memiliki kompresi 30:1.

Penulis: Avicena Pratikto

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com