Suzuki Siapkan Karimun Wagon R 7-Seater LCGC, Bermesin 1.200 CC

Suzuki Siapkan Karimun Wagon R 7-Seater LCGC, Bermesin 1.200 CC

Setelah sekian lama Datsun Go+ melenggang sendirian di segmen LCGC 7-seater, raksasa Jepang lainnya tak mau ketinggalan. Setelah Toyota Calya dan kembarannya, Daihatsu Sigra, segera muncul, rupanya Suzuki juga sudah menyiapkan pesaing LCGC 7 tempat duduk. Sambutlah Karimun Wagon R 7-seater.

Mobil ini pernah menampakkan dirinya di India tahun ini dalam wujud Wagon R 3 Rows Concept. Dalam artikel yang diunggah motoroctane (13/6), disebutkan kalau Suzuki akhirnya mendapat lampu hijau untuk segera memproduksinya segera. 

Sumber terpercaya media itu mengatakan kalau Wagon R 7-seater akan disiapkan untuk pasar Asia Tenggara. Di luar negeri memang mobil ini bernama Wagon R, imbuhan Karimun hanya untuk Indonesia. Basisnya akan sama persis dengan Wagon R biasa dan kemungkinan sedikit dipanjangkan namun tetap di bawah 4 meter. Sebagai info, Wagon R 5-seater yang dijual sekarang memiliki panjang 3.635 mm. Mobil ini juga akan mengusung kepraktisan lebih baik.

Baris ketiga mungil tanpa headrest - MotorOctane

Dari foto yang beredar, terlihat kalau Wagon R 7 tempat duduk ini sebetulnya menganut konsep 5+2, dengan jok ketiga akan sempit untuk orang dewasa. Namun tetap saja ia menawarkan fleksibilitas lebih baik ketimbang saudaranya yang 5 tempat duduk.

Mengenai harga, di India diperkirakan ia akan memiliki harga serupa Hyundai i10. Artinya untuk pasar Indonesia bisa lebih murah lagi karena mobil ini bisa masuk ke skema LCGC, sementara Hyundai tidak, karena masih CBU.

Mesin yang digunakan bakal lebih besar dari Wagon R sekarang, yakni unit 1.200 cc 3 silinder. Mesin ini dikembangkan sendiri oleh Suzuki dan bertenaga 75 dk serta torsi 105 Nm. Meski begitu ada pula versi 84 dk dan 115 Nm dari mesin serupa. Tenaga lantas disalurkan ke roda depan melalui 2 pilihan transmisi yakni manual 5-speed serta automated manual transmission yang disebut Suzuki di Indonesia sebagai AGS.

Sementara Wagon R yang dijual sekarang memiliki mesin 1.000 cc 3 silinder bertenaga 68 dk dan torsi 90 Nm. Artinya akan terjadi penambahan tenaga yang cukup untuk mengompensasi tambahan daya angkut dan bobotnya.

 

Tampil di pameran dalam wujud Wagon R 3 Rows Concept - MotorOctane

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com