Suzuki Ignis dan Datsun Cross, Lebih Jangkung Mana?

Suzuki Ignis dan Datsun Cross, Lebih Jangkung Mana?

PT Suzuki Indomobil Sales telah meluncurkan produk yang cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia, yakni Suzuki Ignis pada April 2017. Mobil ini hadir sebagai Urban SUV atau crossover dengan ground clearance yang cukup tinggi.

Sementara itu, di pembukaan tahun ini, Datsun Indonesia merilis model terbarunya yang diberi nama Cross. Mobil ini masuk ke dalam kategori compact crossover dengan konfigurasi bangku penumpang 5+2. Sebagai crossover yang cukup stylish, tentunya mobil ini didukung ground clearance yang jangkung.

 

Lantas, bila disejajarkan, mobil manakah yang memiliki kolong alias ground clearance yang lebih jangkung? Berdasarkan data yang kami peroleh, Suzuki Ignis memiliki ground clearance 180 mm. Sedangkan Datsun Cross dianugerahi ground clearance 200 mm. Dari data tersebut dapat disimpulkan Cross memiliki ground clearance lebih jangkung ketimbang Ignis. Tentunya dengan ground clearance yang mumpuni, menjadikan sebuah mobil dapat melibas berbagai kondisi kontur jalanan.

Sementara di sektor kaki-kaki, kedua mobil menggunakan sistem suspensi McPherson Strut dengan per keong untuk bagian depan dan Torsion Beam dengan per keong di bagian belakang. Namun untuk model Cross, pihak Datsun memberikan perbedaan suspensi pada mobil barunya ini, yakni suspensi depan dengan pivot ganda lower arm dan suspensi belakang twist beam baru.

Sementara lingkar peleknya di antara keduanya memiliki profil yang sama. Baik Suzuki Ignis maupun Datsun Cross menggunakan pelek berdiameter 15 inci dengan ban profil 175 65 R15.

Suzuki Ignis dipasarkan dalam 4 varian di tanah air. Untuk varian termurah (GL M/T) dibanderol dengan harga Rp 151,5 juta dan varian termahalnya (GX ABS) berharga Rp 171,5 juta. 

Sedang Datsun Cross ditawarkan dalam 2 pilihan versi. Untuk versi transmisi manual dipasarkan dengan harga Rp 163 juta dan versi transmisi CVT dibanderol dengan harga Rp 175 juta.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com