SUV Tampil Lebih Gagah Dengan Footstep Lipat

SUV Tampil Lebih Gagah Dengan Footstep Lipat

Salah satu kelemahan dari SUV besar seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra hingga Chevrolet Trailblazer adalah posisi kabin yang tinggi. Oleh karenanya pihak pembuat mobil menyertakan footstep pada sisi kanan dan kiri yang berfungsi untuk memudahkan naik-turun penumpang.

Hanya saja, tidak sedikit orang yang kurang sreg dengan kehadiran footstep tersebut. Biasanya orang berpendapat bahwa kehadiran footstep tersebut justru mengganggu penampilan dan membuat kendaraan nampak kurang gagah.

 

“Kehadiran footstep bawaan pabrikan dirasa membuat penampilan kendaraan jadi terlalu ‘berlebihan’ sehingga kurang gagah dan jadi nampak kurang kekar,” terang Richard Kurniawan dari Kramat Motor di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara. “Sebagai gantinya, tersedia Footstep yang bisa dilipat sejajar dengan bodi bagian bawah, sehingga penampilan mobil tetap nampak ramping dan gagah,” jelas pria berambut irit ini. “Banyak sebutan untuk perangkat ini, tapi kami menyebutnya sebagai Power Step,” ulasnya.

Richard menjelaskan, untuk proses lipatnya footstep ini digerakkan secara elektrik dan akan terbuka sesaat setelah pintu mobil dibuka dan akan kembali menutup sesaat setelah pintu ditutup.

“Sistem yang mengatur buka tutup footstep terhubung dengan masing-masing sisi pintu. Semisal footstep kanan terhubung dengan pintu kanan depan atau belakang,” imbuhnya. “Pemasangannya pun tidak sulit dan menggunakan sistem kelistikan standar dari kendaraan,” sambungnya.

Mengenai harga, Richard mematok angka Rp 8,5 juta termasuk pasang. Saat ini tersedia untuk diaplikasikan pada Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Isuzu mu-X ataupun Chevrolet Trailblazer.

Foto: Jason

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com