Sudah Ada "Flight Mode", NHTSA Dorong Ponsel Ciptakan "Drive Mode"

Sudah Ada "Flight Mode", NHTSA Dorong Ponsel Ciptakan "Drive Mode"

Jika di ponsel pintar jaman sekarang ada mode "Pesawat Terbang" alias flight mode, maka harusnya ada juga mode "Berkendara". atau drive mode. Setidaknya itulah yang diharapkan NHTSA.

Dalam siaran persnya (23/11), lembaga pengujian dan pengembangan keselamatan berkendara Amerika Serikat itu bahkan sudah membuat rancangan untuk diajukan ke pembuat ponsel dan perangkat digital lainnya. Rancangan ini tentu untuk mewujudkan sebuah fitur aman berkendara pada ponsel.
 
Dalam rancangan tersebut NHTSA juga mendorong agar produsen mobil dan smartphone untuk mengembangkan fitur ponsel yang semakin mudah terhubung dengan sistem hiburan mobil. Dengan demikian diharapkan pengemudi tetap bisa mengakses ponsel namun kegiatan mengendalikan mobil sama sekali tak terganggu.

"NHTSA sudah sejak lama menganjurkan agar pengemudi tak pegang ponsel dan perangkat gadged dan hanya fokus mengemudi. Fokus pengemudi yang teralihkan jadi salah satu faktor meningkatnya tingkat kecelakaan. Kami berkomitmen untuk kerja sama dengan industri (ponsel dan otomotif) untuk menjamin ponsel didesain tak mengalihkan mata pengemudi dari jalan raya," papar Dr. Mark Rosekind, NHTSA Administrator.

Sejauh ini memang belum diketahui detail seperti apa teknis fitur yang diharapkan NHTSA pada calon "Drive Mode" di ponsel. Tapi dengan teknologi dan fitur di beberapa mobil yang kini sudah memungkinkan pengemudi dapat mengangkat dan menerima telepon tanpa menyentuh ponsel, mungkin akan dikembangkan dari mekanisme seperti itu.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com