Strobo dan Sirine Bukan Akesoris Untuk Mobil Pribadi. Ini Aturannya

Strobo dan Sirine Bukan Akesoris Untuk Mobil Pribadi. Ini Aturannya

Saat ini banyak sekali masyarakat yang dibuat resah karena penyalahgunaan lampu strobo dan sirine oleh mobil sipil. Saat oknum tersebut mendesak untuk minta diprioritaskan membuat masyarakat kebingungan apa benar mobil dengan strobo dan sirine ini perlu diprioritaskan untuk lewat atau tidak.

Mungkin Anda tidak tahu kebenarannya soal benarkah mobil-mobil dengan strobo dan sirine tersebut harus mendapatkan prioritas. Jika melihat peraturan, yang sudah tercatat di Undang-Undang Republik Indonesia (RI) No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 134, mobil yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan urutan, yakni pertama adalah mobil pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.

 

Selanjutnya, mobil yang harus mendapatkan prioritas adalah ambulans yang mengangkut orang sakit. Lalu, kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, serta kendaraan pimpinan lembaga negara RI. Setelah itu, iring-iringan pengantar jenazah, dan konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan. 

Namun di jalanan saat ini masih saja ada orang-orang tak bertanggung jawab yang tak menggubris aturan yang berlaku, mungkin dengan maksud supaya mobilnya jadi lebih keren. Padahal, menggunakan sirene, lampu strobo dan rotator ada aturannya.

 

Jika berbicara peraturan, penggunaan sirene, strobo dan rotator ini sudah diatur dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dan jika melanggar, pihak kepolisian akan menertibkan kendaraan bermotor yang masih nekat menggunakan sirene, lampu strobo dan rotator yang tidak sesuai ketentuan.

Berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 pasal 59 ayat (5) Pengguna lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2):

A. Lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk mobil petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;

B. Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk mobil tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, dan jenazah; dan

C. Lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk mobil patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com