Siapkan 5 Hal ini Supaya Berkendara Nyaman di Musim Hujan

Siapkan 5 Hal ini Supaya Berkendara Nyaman di Musim Hujan

Mengendara tak melulu berbincang tentang teknis mobil, namun ada hal-hal lain yang tak kalah penting yang harus dipersiapkan dan diperhatikan saat berkendara. Salah satunya ketika berkendara di kala musim hujan datang.

“Untuk berkendara dengan nyaman dan aman, terlebih di saat musim hujan perlu beberapa langkah pendukung yang bahkan tak ada hubungan sama sekali dengan teknis kendaraan,” jelas Suyoko Sahari salah satu penggiat otomotif yang berdomisili di bilangan Jakarta Timur ini. “Dengan sedikit effort, kita dapat keuntungan dan kenyamanan yang jauh lebih besar,” terang pria yang akrab disapa Yoko ini.

Apakah yang harus disiapkan?

 

1. Kain lap dan Tissue

Tissue dan kain lap seperti plas chamois sangat membantu untuk mengeringkan cipratan-cipratan air yang sempat masuk ke dalam kabin, terlebih yang membasahi perangkat elektronik seperti tombol power window. Kendati perangkat seperti ini dirancang tahan terhadap cipratan air, namun tiada salahnya mengeringkannya. 

 

 

2. Karpet karet

Air merupakan momok tersendiri bagi musim hujan. Cara meminimalisir agar cipratan air tidak melebar ke mana-mana yaitu dengan memasang karpet karet sebagai matras alas kaki.

Karpet karet ini  mencegah air dari sepatu basah atau kotor karena lumpur, tidak langsung mengotori karpet. Dengan demikian kabin tetap kering dan tidak lembab. Ada baiknya juga gunakan karpet yang bisa juga berfungsi sebagai keset, sehingga bisa membersihkan alas sepatu agar tidak licin menginjak pedal-pedal.

 

 

3. Payung

Nampak sederhana, namun ternyata sangat dibutuhkan pada saat hujan turun. Ada baiknya menyediakan payung khusus untuk disimpan di dalam mobil. Usahakan ukurannya pada saat kondisi terlipat tidak terlalu besar dan dapat dengan mudah dijangkau saat di dalam kabin.

markondez

4. AC

Memastikan kondisi Air Conditioner dalam kondisi prima. Pada musim hujan, perangkat penyejuk ruangan ini juga berfungsi sebagai p perangkat anti-fog bagi mobil. Sehingga mengendarai mobil pun nyaman tanpa gangguan kaca berembun.

 

5. Wiper dan air wiper washer

Pastikan air wiper dalam keadaan penuh dan Wiper Washer berfungsi dengan baik serta lancar. Tambahkan cairan khusus air wiper atau dengan menambahkan sedikit sabun cuci piring cair untuk membantu menghilangkan lemak yang nempek di kaca.

Tentu jangan lupa memastikan kondisi wiper dan karet wipernya dalam kondisi baik. Karet wiper yang tak layak akan membuat pandangan di kaca depan jadi buram

 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com