Shampo Mobil Jangan Sampai Salah Pilih

Shampo Mobil Jangan Sampai Salah Pilih

Shampo mobil merupakan zat khusus yang tak hanya mampu membuat busa yang melimpah, namun harus dapat melindungi dan mempertahankan daya tahan cat.

Oleh karena itu dalam memilih shampo mobil tidak boleh sembarangan. “Tidak semua bahan (mengandung detergen) mampu membuat busa yang aman untuk mencuci mobil. Sabun cuci dengan kadar detergen tinggi sama sekali tidak dibolehkan karena akan merusak cat itu sendiri,” terang Andik Prasetyo  dari DnA Auto Detailing, Bintaro Jakarta Selatan.

Karena itu Andik mengatakan bahwa untuk mencuci mobil harus menggunakan shampoo khusus. “Pabrikan pembuat shampo khusus untuk mobil sudah mempertimbangkan mengenai hal tersebut. Sehingga untuk mencuci mobil paling aman menggunakan shampo khusus dan tidak bahan lainnya,” imbuh pria berdarah Jawa ini.

BELI JET CLEANER UNTUK MEMPERMUDAH CUCI MOBIL SENDIRI DI RUMAH

Andik menambahkan bahwa di pasaran banyak ragam shampoo khusus cuci mobil dijajakan. “Shampoo khusus pasti lebih baik dari bahan lainnya, hanya saja di pasaran terdapat berbagai grade dan kualitas,” lanjutnya.

Jika melihat dari sejumlah produk yang beredar di pasaran, terdapat banyak pilihan mulai dari harga hingga kualitas.

“Beragam harga dan kualitas ditawarkan di pasar. Biasanya kualitas akan berimbang dengan harga yang ditawarkan. Namun alangkah baiknya jika kita paham akan jenis shampo yang kita butuhkan,” sambungnya.

Karena itu ada beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman dalam memilih shampo yang aman untuk mobil kesayangan.

  1. Pertama anda pastikan terlebih dahulu shampoo yang anda pilih tidak mengandung bahan berbahaya bagi cat seperti Hcl (acid hidrochlorid), KOH (potasium hidroksida), NaOH (sodium hidroksid) dan bahan-bahan yang dapat menimbulkan korosif pada permukaan cat.
  2. Pastikan juga shampoo yang anda pilih mempunyai PH 7 (PH balanced) dan dilengkapi dengan degresing (bahan pembersih minyak atau lemak yang berasal dari asap knalpot)
  3. Selanjutnya pastikan juga shampoo yang anda pilih tidak menghilangkan wax pada cat mobil anda atau ditambah WAX / silicon premium (bahan pelindung matahari yang dapat membuat cat lebih bersinar-shine)
  4. Selain itu anda pastikan juga shampoo yang anda pilih mengandung brightening agent dan punya daya bersih dan daya lubrikasi yang cukup baik.
  5.  Pastikan produk shampoo memiliki lebel green atau aman untuk lingkungan.

PRODUK PERAWATAN EXTERIOR MOBIL MULAI DARI Rp 9.000 HANYA DI SINI

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com