Seatbelt Tak Bisa 'Basi', Namun Bisa Rusak

Seatbelt Tak Bisa 'Basi', Namun Bisa Rusak

Punya mobil tua yang umurnya lebih dari 10, 20 tahun atau malah lebih? Semua barang ada umur pakainya. Semakin tua ada penurunan kualitas ataupun kekuatannya.

Hal ini pun berlaku pada perangkat seatbelt.

Perangkat keselamatan ini memang akan mengalami penurunan kualitas, namun sejauh semua perangkatnya masih bekerja dengan baik, maka tidak ada istilah kadaluwarsa atau 'basi' untuk seatbelt.

 

“Seatbelt dapat dikatakan sebagai perangkat yang akan bertahan jauh lebih tua dari mobil yang mengaplikasikannya. Peranti utamanya yakni sabuk terbuat dari anyaman nylon yang cukup kuat dan mampu bertahan selama puluhan tahun,”terang Toedyo Santosa, Director Indonesia Road Safety Agent (IRSA) saat dijumpai beberapa saat lalu.

Sehingga menurut pria yang akrab disapa Ipoenk ini, perangkat safety belt tidak ada tanggal kadaluarsanya. Hanya saja perangkat ini bisa rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

“Bagi pemilik mobil yang sudah berumur, sebaiknya lakukan inspeksi pada perangkat seatbeltnya dan pastikan bahwa tidak ada bagian yang cacat dan berkerja dengan baik,” sambungnya.

Sila cek dan pastikan bagian ini dalam kondisi baik.

1. Tarik sabuk pengaman dengan cara dihentak. Safety belt akan mengunci otomatis. Jika hal ini tidak terjadi maka dipastikan ada kerusakan mekanikal pada penahannya.

2.Pastikan sabuknya dalam kondisi baik dan tidak ada bagian yang tercabik/terkoyak.

3.Pastikan pengait mengunci dengan sempurna dan dapat dilepas dengan sekali menekan tombol pada pengaitnya.

Pastikan bunyi klik 

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com