Rem Otomatis Jadi Fitur Wajib Di Masa Depan

Rem Otomatis Jadi Fitur Wajib Di Masa Depan

Sistem pengereman otomatis kelihatannya sangat efektif menurunkan tingkat kecelakaan, Lantas sejumlah pabrikan mobil sepakat membuat fitur ini sebagai standar di masa depan. Artinya ini seperti sabuk pengaman, rem ABS atau airbag yang sudah menjadi standar di tiap mobil sekarang.

Beberapa mobil mobil masa kini telah dilengkapi dengan piranti canggih seperti rem otomatis. Namun untuk sementara, fitur ini hanya tersedia di pabrikan mobil tertentu. Sebut saja Audi, BMW, Ford, General Motors, Mazda, Mercedes-Benz, Tesla, Toyota, Volkswagen, dan Volvo. Mereka telah menyetujui untuk membuat mobil mereka di masa yang akan datang dengan fitur rem otomatis anti-tabrakan sebagai standar.

Pemberitahuan ini datang dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Amerika Serikat. Awal tahun ini mereka akan mengetes kinerja rem otomatis dan mempelajari performa sistem ini untuk keamanan berkendara, terutama di jalan tol ketika sering terjadi pengereman mendadak.

Salah pabrikan yang telah menggunakan sistem rem anti-tabrak pada semua varian mobilnya adalah Volvo, sejak tahun 2007 merek asal Swedia ini mengenalkan sistem full auto-braking, yaitu mampu menahan mobil sebelum terjadi tumbukkan hingga berhenti total. Sedangkan Honda juga hadir dengan sistem serupa, namun hanya memiliki kemampuan untuk mengurangi kecepatan.

Melihat tiga tahun ke belakang, harga sensor yang dulunya mahal kini tidak lagi, karenanya Honda Accord dan Subaru Legacy juga menggunakan sistem anti-tabrak ini. Namun, kedua merek ini tidak bergabung dengan merek lainnya untuk menyamaratakan sistem ini sebagai standar. Nantinya sensor ini akan diletakkan di dalam kaca atau di balik bumper sehingga tidak mengganggu visibilitas.

Tapi untuk di Indonesia nampaknya akan sedikit mengganggu, mengingat banyak pengguna jalan yang seenaknya memotong lajur. Pasti mobil kita bakal lebih sering berhenti mendadak gara-gara terpotong jalurnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com