Rawat Sunroof Supaya Awet

Rawat Sunroof Supaya Awet

Sunroof  merupakan fitur yang mengasyikan, mobil bisa berkesan lega, karena ada tambahan cahaya masuk ke dalam kabin, lantas pemandangan makin asyik karena bisa melihat langit, bahkan udara segar bisa bertambah, jika atap kaca ini dibuka. Tampilan mobil makin keren? Tentu saja!

Walau dirancang bisa 'bertahan hidup' seumur mobilnya, sunroof tetap perlu mendapat perawatan. Apalagi setelah mendengar tak sedikit orang yang mengeluh karena sunroof bermasalah, setelah dipakai beberapa tahun. Sudahlah biaya perbaikannya mahal, saat musim hujan dengan sunroof bermasalah, tentu bikin pusing kepala.

Karena itu Dicka Wijaya dari gerai Bravecuttop di wilayah Bintaro, Tangsel akan memberikan beberapa tips untuk memelihara sunroof.

 

1. Bersihkan dari kerikil atau pasir

Jika kita membuka sunroof biasanya kita tidak sadar akan debu, pasir bahkan krikil yang menempel pada rel sunroof. Jika dibiarkan, pasir akan menumpuk dan mengganggu jalur pembuangan air, sehingga drainase akan terhambat. Lama-lama rel akan berkarat dan akan memicu terjadinya kebocoran. 

2. Hindari terjemur matahari

Biasakan memarkir mobil ditempat teduh, agar karet sunroof tak cepat getas karena kerap terjemur.  Jaga kekenyalannya karet dengan silicone spray semprotkan pada karet-karet agar tetap bisa berfungsi dengan sempurna, baik dalam meredam bunyi maupun kebocoran air.

3. Perhatikan rel

Karena sering digunakan atau sudah termakan usia, rel pada sunroof kemungkinan tak lancar bergerak. Lumasi dengan gemuk cair yang disemprot, atau bersihkan kerak dan karat dengan cairan penetran agar rel kembali lancar bergerak. 

4. 'Olahraga' Sunroof 

Seperti halnya mesin mobil yang rusak jika tak dipakai, sunroof juga akan rusak jika tidak pernah digunakan. 'Olahragakan' sunroof dengan membuka-tutupnya minimal 3 minggu sekali.

5. Segera keringkan setelah tersiram air

Setelah tersiram air, baik terkena hujan atau setelah dicuci, segera keringkan sunroof, terutama di bagian relnya, agar tidak berkarat. Pada kaca sunroof juga harus langsung dikeringkan, agar tidak tertinggal water spot (sering disebut jamur kaca), yang sangat mengganggu penampilannya. 

 

“Sebenarnya merawat sunroof ini gampang sekali, kok. Asal kita peduli dan tidak malas untuk merawatnya, dijamin umur sunroof bakal sangat panjang," tutup Dicka

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com