Range Rover Evoque Generasi Terbaru Pakai Mild Hybrid Resmi Debut

Range Rover Evoque Generasi Terbaru Pakai Mild Hybrid Resmi Debut

Land Rover akhirnya resmi meluncurkan All New Range Rover Evoque. Ini merupakan generasi kedua Evoque yang dibekali berbagai perubahan dan penyempurnaan signifikan.

Generasi terbaru ini hadir dengan platform terbaru serta desain eksterior lebih moderat dengan bahasa desain khas beberapa model Range Rove terkini. Bahkan SUV ini sudah mengusung teknologi mild Hybrid. Pihak Land Rover menyampaikan bahwa Evoque terbaru memiliki 90 persen komponen baru, jadi bisa dipastikan bahwa ini adalah generasi terbaru.

 

 

Soal platformnya, Range Rover Evoque hadir dengan platform baru yang dikembangkan bersama Jaguar. Platform tersebut adalah Premium Tranverse Architecture (PTA), yang didesain JLR untuk model kecil agar bisa mendapatkan banyak peningkatan teknis, khusunya elektrifikasi. Makanya Evoque baru sudah menyandang mild hybrid dengan sistem 48 volt dan baterai lithium-ion 8Ah.

Soal penampilan, Jaguar Land Rover (JLR) ingin menyajikan Evoque baru yang masih menyiratkan ciri khas Evoque. Artinya, sejumlah elemen khas pada Evoque tetap dipertahankan. Walaupun dimensinya tidak sepanjang generasi sebelumnya, namun Evoque baru punya overhang lebih pendek dan jarak sumbu roda lebih panjang berkat platform baru sehingga membuat Evoque baru ini malah punya kabin lebih lapang. Kapasitas bagasi juga turut meningkat 10 persen.

 

 

Sistem mild Hybrid pada Evoque akan hadir pada varian mesin bensin maupun dieselnya yang mana sistemnya akan mematikan mesin konvensional selama mobil digunakan pada kecepatan di bawah 17 km/jam. Selain itu, sistem motor listrik pada sistem mild Hybrid ini juga memberi bantuan akselerasi jika dibutuhkan. Perangkat kelistrikan, yang bisa menyuplai torsi sampai 100 Nm, bekerja normal menyediakan 20 - 30 Nm torsi. Sistem itu juga membantu mengurangi turbo lag. 

Pihak manufaktur mengklaim, sistem MHEV (Mild Hybrid Electric Vehicle) sendiri bisa mengurangi konsumsi bahan bakar sampai enam persen konsumsi bahan bakar mesin jonvensionalnya. Ohiya, Evoque terbaru ini menawarkan banyak pilihan mesin. Semuanya memakai unit modular turbo Ingenium 4-silinder. Mesin bensin tersedia dalam pilihan daya 200 PS, 250 PS dan 300 PS. Sedang diesel 150 PS, 180 PS dan 240 PS. Ada pilihan transmisi manual untuk diesel bertenaga paling kecil dan berpenggerak roda depan, sekaligus sebagai pilihan termurah. Sisanya sudah menggunakan transmisi otomatis 9-speed dengan penggerak empat roda (AWD). Menyusul belakangan, bakal ada mesin 3-silinder turbo bensin. Varian itu jadi satu-satunya PHEV Evoque sajian manufaktur.

Dukungan teknologi Driveline Disconnect pada transmisi memungkinkan sistem mengganti ke penggerak roda depan saat mobil cruising di jalan bebas hambatan. Ada juga Active Driveline yang menggunakan kopling ganda di bagian sumbu roda belakang yang menawarkan torque vectoring, ketimbang menggunakan pengereman untuk bantuan saat mobil berbelok.

Soal offroad, Evoque baru dinilai lebih tangguh. Kedalaman air yang bisa dilalui meningkat 100 mm, menjadi 600 mm. Dukungan Terrain Response 2 juga ada, yang diambil dari Range Rover, untuk mendeteksi permukaan jalan dan menyesuaikan transmisi yang dipakai. Ada fitur baru Clearsight Groundview, yang memanfaatkan kamera pada spion samping dan sumbu roda depan. Fungsinya untuk melihat apa yang ada di bawah depan, ditampilkan pada layar di dalam kabin. Fitur itu sangat berguna untuk jalanan off road.

 

 

Kelengkapan lain pada Evoque generasi kedua terinspirasi dari Velar. Ada layar 12,3 inci untuk panel instrument digital, layar infotainment 10 inci, dukungan Apple CarPlay dan Android Auto. Beragam pilihan trim bakal menyajikan opsional yang berbeda, termasuk pilihan dengan pelek 17, 18 atau 20 inci

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com