Produk GDI Intake Valve Cleaner Mampu Hilangkan Kerak Mesin, Amankah?

Produk GDI Intake Valve Cleaner Mampu Hilangkan Kerak Mesin, Amankah?

Pembersih ruang bakar di kepala silinder mesin memang banyak mereknya, karena metode mencampurkan cairan tersebut ke dalam mesin masih dianggap efektif. Namun sebenarnya apakah hal itu masih tergolong aman?

"Selama cairannya tidak mengandung solvent tentu sangat aman dan tidak akan merusak material karet maupun mengikis permukaan metal di dalam mesin itu sendiri," seloroh Chairil Sjahputra, Product Specialist GDI Intake Valve Cleaner di booth-nya Hall 2 B5 GIIAS 2016 (12/8).

Produk engine treatment asal Amerika Serikat ini menawarkan metode pembersihan ruang bakar dan katalitik konventer dengan cara yang mudah. Yakni tinggal mencampurkannya ke bahan bakar dari kemasan kalengnya.

Walau disebut tak mengandung solvent namun cairan ini disebut tersusun dari bahan synthetic detergent. "Bahan synthetic detergent ini satu-satunya formula fuel additive yang bisa membersihkan deposit karbon di ruang bakar," tambah Chairil berpromosi. Bahan tersebut memang tergolong ampuh mengikis tumpukan karbon yang biasa timbul di kepala silinder akibat pemakaian BBM berkualitas rendah.

Material detergent jika dipakai sesuai takaran diklaim ampuh mengikis kerak

Maka walau memang cairan seperti ini cukup efektif mengurangi kerak di ruang bakar namun sebaiknya tidak terlalu sering mengaplikasinya. Produk yang sudah tersedia di berbagai gerai spareparts ini bisa dipakai untuk mesin bensin semua tipe, baik merek asal Jepang maupun Eropa.  

 

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com